Dana libur akhir tahun

Kamis, 17 November 2011 | 11:00 WIB   Reporter: Budi Pratama, Perencana Keuangan Akbar's Financial Check Up
Dana libur akhir tahun

ILUSTRASI. Kantor Ditjen Pajak


JAKARTA. Memasuki bulan-bulan terakhir di penghujung tahun, seperti bulan Oktober dan November, sebagian masyarakat sudah mulai mempersiapkan rencana dan keinginan untuk berlibur panjang. Libur Hari Raya Natal dan libur Tahun Baru pun sudah mulai terbayang-bayang di kepala kita untuk segera diwujudkan menjadi kenyataan.

Setelah selama setahun penuh bekerja keras tanpa henti, sudah merupakan hak Anda untuk merencanakan liburan di penghujung tahun. Tentu saja, kewajiban yang sudah harus Anda persiapkan sejak sekarang adalah menyediakan dana liburan yang dibutuhkan. Dengan persiapan dana yang baik, liburan akan berjalan lancar, berkesan, dan menyenangkan, baik untuk Anda maupun para anggota keluarga.

Nah, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membahas persiapan liburan Anda dari sisi finansial.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah lokasi atau tempat tujuan liburan. Maklum, sedikit-banyak, tempat berlibur akan berpengaruh terhadap besaran pengeluaran dan kebutuhan dana liburan Anda.

Beberapa orang atau keluarga ingin menghabiskan waktu liburannya di luar negeri. Sedangkan sebagian orang lagi memilih tujuan liburan yang lebih sederhana, seperti di dalam negeri atau malah hanya di dalam kota saja. Karena itu, tentukan tempat tujuan liburan Anda terlebih dahulu sehingga dapat persiapan dana liburan dapat dilakukan secara optimal.

Dalam melaksanakan liburan, ada beberapa orang yang menginginkan liburannya bersifat lebih personal. Nah, jika berencana melakukan perjalanan liburan yang lebih personal, Anda harus merencanakan sendiri seluruh detail liburan tersebut. Mulai dari mencari tiket moda transportasi, seperti pesawat terbang atau kereta api, sampai akomodasi lain seperti penginapan selama di tempat tujuan. Anda juga harus menentukan sendiri tempat atau lokasi yang akan dikunjungi selama liburan tersebut.

Membuat perencanaan liburan yang personal memang memakan waktu. Tetapi, liburan semacam ini menjadi lebih sesuai dengan keinginan Anda dan bisa dicocokkan dengan anggaran yang tersedia. Yang pasti, di dalam merencanakan liburan secara personal, Anda harus memastikan semua biaya secara detail dan memasukkannya ke dalam perhitungan perencanaan dana liburan.

Sementara jika tidak memiliki waktu untuk melakukan persiapan secara sendiri, Anda bisa memanfaatkan paket penawaran yang disediakan oleh beberapa agen atau biro perjalanan wisata. Mereka biasanya sudah menyediakan paket berdasarkan daerah tujuan serta jangka waktu liburan.

Biasanya di paket yang mereka tawarkan juga sudah mencakup semua biaya inti dari perjalanan liburan tersebut. Alhasil, Anda hanya perlu mempersiapkan beberapa biaya yang memang tidak di-cover oleh paket tersebut. Di antaranya dana belanja untuk oleh-oleh dan biaya transportasi di luar paket perjalanan. Misalnya untuk membayar taksi.

Selain itu, sebelum berangkat berlibur, Anda harus mempersiapkan dan memastikan telah memiliki dana darurat. Dana darurat sangat penting apabila ketika dalam perjalanan liburan Anda mengalami sesuatu yang tidak terduga. Sehingga, menuntut Anda harus mengeluarkan sejumlah uang pada saat itu juga.

Misalnya ketika Anda sedang berlibur, kendaraan yang digunakan tiba-tiba rusak dan harus segera dibawa ke bengkel. Di dalam situasi seperti itu, tentu saja, Anda membutuhkan dana tunai dalam waktu segera untuk membayar jasa perbaikan bengkel. Kesulitan bakal muncul jika tidak ada bengkel yang bersedia menerima pembayaran dengan alat pembayaran kartu plastik di tempat liburan tersebut.

Sedia asuransi jiwa dan asuransi kesehatan

Persiapan yang tidak kalah penting sebelum Anda berangkat berlibur akhir tahun adalah membuat atau membeli asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Jika Anda telah berkeluarga dan berencana meninggalkan anak di rumah, pastikan Anda telah memiliki asuransi jiwa. Sehingga, jika memang terjadi kemalangan yang menimpa Anda dan pasangan, kelangsungan kebutuhan hidup anak Anda tidak terganggu.

Selain asuransi jiwa, pastikan asuransi kesehatan Anda memiliki jaringan layanan yang luas. Tujuannya adalah, jika memang Anda harus dirawat di rumahsakit ketika berlibur di suatu tempat, biaya perawatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi tersebut.

Selama berlibur, Anda pasti akan membelanjakan banyak dana. Tentu, tidak praktis dan tidak aman jika Anda harus membawa semua duit untuk membiayai kebutuhan liburan dalam bentuk dana tunai. Sebagai pertimbangan keamanan, akan lebih baik jika Anda mempersiapkan berbagai dana tersebut ke dalam rekening bank yang memiliki jaringan ATM dan debit yang luas.

Jika memang Anda melakukan transaksi atau pembayaran dengan memakai kartu kredit, pastikan Anda langsung membayar lunas atau tepat pada waktu utang tersebut ketika pulang dari liburan. Selain itu, apabila Anda berencana menggunakan kartu kredit ketika berlibur, pastikan kartu tersebut bisa diterima di semua merchant.

Jangan lupa, jika Anda berencana liburan ke luar negeri, laporkan ke bank penerbit sebelum berangkat agar transaksi dapat berjalan lancar.

Untuk persiapan dana liburannya, bagi Anda yang sudah terbiasa membuat anggaran liburan setiap tahun tentu tidak akan merasa terlalu direpotkan dengan biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Jika sudah membuat anggaran liburan sejak awal, biasanya, Anda juga telah memiliki gambaran tujuan dan biaya yang dibutuhkan. Sehingga, dana yang Anda butuhkan sudah tersedia dan siap di rekening Anda pada hari-H liburan.

Sedangkan Anda yang belum mempersiapkan anggaran jauh-jauh hari lantaran ide atau keinginan liburan memang datang agak mendadak, tentu, Anda akan menghadapi kesulitan. Maklum, Anda perlu mempersiapkan dana liburan dalam waktu yang terbatas.

Dalam kondisi seperti itu, yang bisa Anda lakukan adalah menggali sumber pendanaan dari berbagai dana yang diterima. Misalnya Anda bisa mengandalkan bonus atau tunjangan hari raya (THR). Nah, dana itu dapat dipakai untuk membiayai kebutuhan dana liburan.

Setelah menikmati liburan akhir tahun ini, tugas Anda selanjutnya adalah mempersiapkan lagi anggaran dana liburan untuk tahun depan. Tujuannya agar Anda dapat menikmati liburan yang lebih berkesan dibandingkan tahun sebelumnya. Selamat mempersiapkan liburan akhir tahun!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru