Pilihan studi di Belanda

Jumat, 05 Februari 2016 | 18:16 WIB   Reporter: Hendrika Yunapritta, Sri Sayekti
Pilihan studi di Belanda


Banyak orang Indonesia yang pergi ke Belanda untuk meneruskan sekolah. Berbeda dengan negara lain, universitas di Belanda dibedakan menjadi dua jenis, yakni universitas riset dan universitas ilmu terapan.

Jika Anda hendak studi ke Belanda atas biaya sendiri, beberapa universitas mensyaratkan pembayaran uang kuliah setahun dibayar lunas di muka. ”Biaya kuliah di Belanda sekitar €12.000 dan ada bukti rekening  3 bulan terakhir,” jelas Yunius Caesar, Business Development Manager EduPlan Indonesia.

Mahasiswa yang mengambil program doktoral di Belanda harus memilih universitas riset. Simak pengalaman Agustina Sulastri yang mengambil PhD di Radboud University Nijmegen pada tahun 2009-2014 untuk program studi Psikologi Pendidikan. “Saya ikut program PhD eksternal, jadi hanya melakukan penelitian, karena tidak menguasai bahasa Belanda,” jelasnya.

Lain lagi pengalaman Alfonso Hutagalung. Sebagai lulusan SMA dari Amerika, ijazah Alfonso tidak bisa digunakan saat  hendak kuliah di Indonesia. Akhirnya ia memilih kelas internasional di UI dengan program Ekonomi Studi Pembangunan bekerjasama UI dan Tilberg University. “Jadi dua tahun pertama kuliah di UI dan dilanjutkan dua tahun berikutnya di Tilberg University,” jelasnya.

Apa saja pilihan universitas di Belanda? Sebut saja Utrecht University terkenal dengan ilmu alam dan matematika. Bagi  peminat ilmu teknik ada pilihan di TU Eindoven, University of Twente, TU Delft dan University of Groningen.

Nah, Leiden University  dikenal dengan ilmu kedokteran dan farmasi. Radboud University Nijmegen dan Tilburg University dikenal dengan ilmu sosialnya.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: A.Herry Prasetyo

Terbaru