Ingin punya iPhone 11, ini cara membeli tanpa berutang

Minggu, 22 September 2019 | 12:33 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ingin punya iPhone 11, ini cara membeli tanpa berutang


ANGGARAN - JAKARTA.  Apple telah merilis iphone 11 sekitar seminggu lalu. Ponsel dengan tiga kamera belakang ini mulai mencuri perhatian masyarakat. 

Selain itu, mententeng ponsel keluaran terbaru juga menjadi gengsi untuk sebagian masyarakat. Sehingga, mereka rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk membeli smartphone.

Baca Juga: Generasi millenial wajib memupuk dana darurat sejak dini

"Tidak ada salahnya mengikuti kemajuan teknologi, tapi harus disesuaikan kebutuhan dan pendapatan," kata Agustina Fitria, Financial Planner OneShildt.

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com mengatakan Anda jangan sampai berhutang untuk ikut-ikutan membeli ponsel baru. Alasannya, utang tersebut akan menjadi beban baru untuk keuangan Anda.

Bila Anda memang ingin memiliki ponsel terbaru tersebut, sebaiknya mulai menyiapkan anggaran khusus untuk membelinya.

Caranya, Anda dapat menabung sekitar satu tahun sebelum ponsel tersebut resmi diluncurkan ke pasaran. “Para maniak gadget terbaru biasanya tahu kapan seri ponsel terbaru akan dirilis oleh perusahaan,” kata Widya.

Sebelum mulai menabung sebaiknya Anda mencari perkiraan harga ponsel baru tersebut. Anda dapat mencari informasi tersebut secara online.  

Baca Juga: Kuliah di luar negeri, ini cara atur keuangan

Setelah mendapatkan perkiraan harganya, Anda bagi nilai tersebut dengan 12 bulan. Hasil pembagiannya adalah nilai yang harus Anda simpan saban bulannya.

Misalnya, harga iPhone 11  Rp 25 juta

perkiraan harga ponsel : 12 bulan = nilai tabungan

Rp 25 juta : 12 = Rp 2,1 juta

Jadi, Anda wajib menabung Rp 2,1 juta per bulan selama setahun agar dapat membeli ponsel tersebut.

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru