TIps Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak di Luar Negeri

Rabu, 11 Agustus 2021 | 17:03 WIB   Reporter: Dikky Setiawan
TIps Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak di Luar Negeri

ILUSTRASI. Menyekolahkan anak ke luar negeri perlu biaya yang tidak sedikit. Selain itu, persiapan dana dan keperluan lain cukup merepotkan. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/10/08/08

KONTAN.CO.ID -Warisan paling berharga yang bisa diberikan oleh orangtua bagi anaknya adalah pendidikan. Sayangnya, untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu, orangtua harus merogoh kocek cukup dalam. 

Apalagi, jika mereka harus menyekolahkan anaknya hingga ke luar negeri. Siapa pun paham, menyekolahkan anak ke luar negeri perlu biaya yang tidak sedikit. Selain itu, persiapan dana dan keperluan lain cukup merepotkan. 

Biasanya, persoalan yang sering dihadapi orangtua ketika ingin menyekolahkan anaknya ke luar negeri adalah pemilihan sekolah, pengurusan izin keberangkatan dan tinggal, serta biaya pendidikan dan hidup anak sehari-hari yang memakai mata uang negara setempat. 

Biaya tidak terduga 

Nah, jika semua biaya tersebut tidak dipersiapkan secara matang oleh si orangtua, bukan mustahil, pendidikan dan kehidupan anak di luar negeri akan terbengkalai. Ketika anak bersekolah di dalam negeri, si orangtua bisa saja mencari sekolah anak yang dekat dari tempat tinggalnya sehingga tidak perlu memikirkan biaya hidup anak. 

"Tapi, ketika anak di luar negeri, hampir bisa dipastikan dia perlu biaya hidup sehari-hari yang nilainya bisa lebih besar dari biaya hidup di Indonesia," kata Rakhmi Permatasari, perencana keuangan dari Safir Senduk & Rekan.

Baca Juga: Cermatlah Dalam Memilih Produk Asuransi Yang Tepat  

Ketika sudah berniat untuk menyekolahkan anak ke luar negeri, orangtua harus menyiapkan keuangan sejak jauh-jauh hari. Sebab, selain biaya pendidikan dan biaya hidup, biasanya ada beberapa biaya tidak terduga lainnya. 

Biasanya biaya itu tidak dipersiapkan dalam bujet. Misalnya, orangtua harus menyiapkan polis asuransi si anak selama menempuh pendidikan di luar negeri. 

Jadi, apa saja yang harus dipersiapkan orangtua jika berniat menyekolahkan anaknya di luar negeri?

Berikut beberapa tips sederhana yang dirangkum KONTAN dari sejumlah perencana keuangan: 

Editor: Dikky Setiawan
Terbaru