Hati-Hati dengan Paylater, memang praktis tetapi berisiko

Rabu, 28 Juli 2021 | 10:15 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika
Hati-Hati dengan Paylater, memang praktis tetapi berisiko

KONTAN.CO.ID -Pengajuan paylater terbilang praktis dan dengan syarat yang mudah. Namun, jangan asal mengajukan karena ada beberapa kelemahan yang juga harus diperhatikan.

Menurut Budi Raharjo, Perencana Keuangan Oneshildt, sesuai dengan namanya Paylater ini memungkinkan Anda untuk membayar belakangan. Anda pun diberi pilihan dengan melunasi langsung dalam satu bulan atau bisa mencicilnya. Menariknya lagi, jika ada promosi, Anda tidak dikenai bunga.

Jika dibandingkan kartu kredit pun, metode paylater, Budi bilang lebih praktis dan bisa digunakan di beragam kebutuhan mulai dari belanja di marketplace, transportasi bahkan traveling.

Baca Juga: Promo Kartu Kredit CIMB Niaga, ada diskon Rp 120.000 saban hari .

“Hanya saja kelemahannya, limit kredit di awal itu tidak besar,” kata Budi.

Info saja, kebanyakan paylater memang memberi limit rendah di awal untuk menguji tingkat kemampuan membayar penggunanya. Jika pengguna, selalu tepat waktu dalam membayar, limit pun akan otomatis meningkat. 

Selain itu karena sifatnya yang digital, pengajuannya cenderung mudah tetapi berisiko terhadap keamanan informasi pribadi penggunanya. Budi bilang ini juga harus menjadi perhatian konsumen sebelum memutuskan pakai fitur bayar belakangan.       

Selanjutnya: Menelisik untung rugi membeli rumah lewat sistem KPR

 

            

 

Editor: Francisca bertha
Terbaru