HOME

Belajar bursa saham dengan cara awam, yuk!

Selasa, 10 September 2019 | 08:41 WIB   Reporter: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Belajar tentang bursa saham sebenarnya tak serumit bayangan kebanyakan orang awam. Dalam kehidupan sehari-hari kita juga acap menciptakan peristiwa yang biasa terjadi di bursa saham, kok.

Kalau ingin mencari definisi tentang saham, silakan Anda membuka kamus bahasa atau kamus istilah keuangan. Namun, kalau Anda sama sekali asing dengan terminologi keuangan dan bisnis, mungkin dahi Anda akan mengernyit.

Baca Juga: Rita Efendy Mencari Cerita di Setiap Pergerakan Harga Saham

Maklum, umumnya pengertian yang tersaji di sana sekadar ringkasan dari sebuah penjelasan panjang yang lebih kompleks.

Memahami arti saham menjadi bekal paling awal untuk mengarungi rimba investasi di pasar modal, khususnya bursa saham. Oleh sebab itu, mari kita mencoba memahami seluk-beluk investasi lewat sebuah ilustrasi sederhana.

Anggap saja saat ini Anda menjalankan bisnis katering yang menguntungkan. Suatu hari, muncul pikiran dan niat dalam batin Anda untuk membesarkan usaha itu.

Kalau selama ini hanya menerima order dari satu kompleks, Anda ingin pula menjangkau pelanggan seluas kecamatan. Maklum, soal keahlian menghadirkan hidangan lezat, Anda yakin memiliki kemampuan tak kalah dari Arnold Poernomo maupun Juna Rorimpandey yang suka tampil di televisi.

Namun, Anda sadar bahwa modal keahlian saja tak cukup untuk menjadikan bisnis berkembang lebih besar.

Baca Juga: Wasiat Warren Buffett: Berinvestasilah dalam reksadana!

Skala usaha yang lebih gede memerlukan peralatan masak yang berkapasitas lebih besar pula. Selain itu, Anda mungkin juga perlu bantuan pekerja lebih banyak.

Belum lagi kalau memikirkan ongkos untuk menyebar pamflet, bikin spanduk, atau pasang iklan di radio lokal. Semua itu membutuhkan tambahan modal.

Masalahnya, dari mana Anda bisa memperolehnya?

Halaman   1 2 3 4 5 6
Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.
gopay
Editor: