Untuk kaum milenial, ini tips dan cara mengatur keuangan saat pandemi Covid-19

Selasa, 15 September 2020 | 15:26 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Untuk kaum milenial, ini tips dan cara mengatur keuangan saat pandemi Covid-19

ILUSTRASI. Untuk kaum milenial, ini tips dan cara mengatur keuangan saat pandemi Covid-19. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


MENATA KEUANGAN - JAKARTA. Pandemi Covid-19 memberikan banyak waktu untuk menata kembali kondisi keuangan. Salah satunya bagi kaum milenial, mereka dapat  berhenti sejenak untuk mengevaluasi gaya hidup dan kebiasaan belanja.

Meskipun COVID-19 akan terus berdampak negatif secara global, beberapa keputusan cerdas dapat membantu kaum milenial agar mampu menjaga keuangan yang sehat.

Kontan.co.id menghimpun tips mengatur keuangan bagi kaum milenial saat terjadi Pandemi Covid-19.

Baca Juga: 5 Tips cara berhemat ala miliarder dunia, bisa dicontoh semua orang

Mengutip dari situs Financialexpress.com simak tipsnya untuk kaum milenial sebagai berikut:

1. Evaluasi ulang anggaran

Penting untuk mengevaluasi kembali anggaran dan memprioritaskan pengeluaran sesuai relevansinya. Milenial perlu mendefinisikan dengan jelas antara barang-barang yang diperlukan dan barang mewah.

Sehingga, kaum milenial dapat mengambil keputusan untuk menghindari belanja barang-barang mewah untuk sementara waktu. Sangat penting bagi milenial dalam mengambil keputusan yang matang. Hal tersebut berguna untuk menjaga stabilitas keuangan sampai ancaman Pandemi Covid-19 mereda.

2. Ambil pinjaman pribadi, lunasi seluruh tagihan

Hapus kewajiban yang tertunda seperti beberapa tagihan kartu kredit dengan mengambil pinjaman pribadi (personal loan).

Ketika masih memiliki banyak tagihan kartu kredit prioritaskan untuk melunasi tagihan tersebut. Kaum milenial dapat melakukan satu pinjaman yang dapat menghindari bunga kartu kredit yang semakin membengkak.

Mengambil pinjaman baru seperti pada kerabat bisa menjadi salah satu untuk mengurangi beban bunga kartu kredit yang semakin membengkak. Sehingga kaum milenial dapat berfokus pada satu hutang saja.

Baca Juga: Begini modus penipuan perbankan dan cara menghindarinya

3. Diversifikasikan sumber penghasilan

Mengandalkan satu sumber penghasilan dapat menjadi ancaman besar bagi situasi keuangan milenial, terutama ketika krisis saat Covid-19 menghalangi dan mengurangi kesempatan untuk bekerja.

Penting bagi kaum miilenial untuk membangun keterampilan dan mengembangkan pengetahuannya. mereka perlu memikirkan bagaimana mereka dapat memanfaatkan keterampilan tersebut untuk memulai sumber penghasilan tambahan seperti memulai bisnis atau bekerja sebagai konsultan.

Penting untuk mengubah pola berpikir agar keahlian kaum milenial dapat menghasilkan uang. Sehingga kaum milenial berhasil mendiversifikasi sumber pendapatan mereka.

Selanjutnya: Kesulitan menabung dengan menyisihkan uang? ini cara dan tips untuk mengatasinya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru