Pensiun

Tenang dengan dana pensiun yang cukup

Rabu, 09 Maret 2016 | 10:00 WIB   Reporter: Sri Sayekti
Tenang dengan dana pensiun yang cukup

JAKARTA. Zaman dulu, orangtua yang sudah pensiun selalu mengharapkan anaknya bakal menanggung biaya hidupnya di hari tua. Tapi sekarang, hal seperti itu sudah tidak zaman lagi.

Sebaiknya, Anda persiapkan sendiri biaya hidup Anda di masa pensiun nanti. Dengan demikian, Anda bisa menghabiskan hari dengan tenang di masa pensiun.

Dengar saja kisah Bambang Trihantoro, pensiunan karyawan Kompas Gramedia yang sudah lama mempersiapkan dana pensiun sendiri. Pria berusia 65 tahun ini kini bisa menikmati kegiatan berkebun.

Ia bisa membeli tanah dengan uang pensiun yang ia peroleh. "Saya tidak percaya bisa membeli kebun yang lokasinya jauh dari rumah,” ujar Bambang.

Selain itu uang pensiun bulanan juga masih cukup membiayai kuliah anaknya. “Kita harus siap saat pensiun tiba,” pesan Bambang.

Lain halnya dengan Rina Sutarto (58 tahun). Pensiunan kantor perwakilan negara asing di Jakarta ini tidak dipotong gajinya saat masih bekerja. Tapi saat pensiun langsung menerima dana lumpsum sebesar masa kerja dikalikan gaji pokok. “Saya ini angkatan terakhir, yang pensiun dengan sistem lama,” ujar Rina.

Anda sudah mempersiapkan dana pensiun Anda?


Editor: Harris Hadinata


Terbaru