Uang

Kurs dollar rupiah hari ini: Masih anteng di level Rp 14.000

Kamis, 18 Juni 2020 | 05:00 WIB   Reporter: Intan Nirmala Sari
Kurs dollar rupiah hari ini: Masih anteng di level Rp 14.000

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs dollar rupiah hari ini masih akan bertahan di level Rp 14.000. Rupiah di pasar spot kemarin sejatinya menguat tapi tipis, hanya 0,05% ke level Rp 14.082 per dollar AS dari penutupan hari sebelumnya.

Sedang di kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar rupiah justru melemah 0,56% atau 79 poin menjadi Rp 14.234 per dollar AS dibanding sehari sebelumnya.

Ekonom Bank Permata Josua Pardede menilai, pergerakan rupiah kemarin cukup stabil, dengan kecenderungan menguat. Awal pembukaan perdagangan, rupiah menguat ke level Rp 14.065 dan berlanjut hingga penutupan.

Baca Juga: Menanti RDG BI, begini proyeksi pergerakan rupiah pada perdagangan Kamis (18/6)

Pendukung penguatan mata uang garuda, menurut Josua, sentimen risiko global yang cenderung optimistis dengan sektor perdagangan Amerika Serikat (AS), setelah penjualan ritel negeri uak Sam melonjak.

"Tetapi, ketegangan geopolitik di Asia antara India dan China dan masalah Semenanjung Korea antara Korea Selatan dan Korea Utara terus meningkat," kata Josua kepada Kontan.co.id, Rabu (17/6).

Selain itu, risiko kemunculan gelombang kedua virus corona baru terlihat di banyak negara. Kondisi tersebut turut menahan sentimen di pasar keuangan domestik. Alhasil, penguatan rupiah di awal perdagangan ikut tergerus dan hanya menguat tipis di akhir.

Baca Juga: Rupiah ditutup menguat tipis 0,05% ke Rp 14.083 per dolar AS hari ini

"Selanjutnya, pelaku pasar akan mencermati keputusan Bank Indonesia (BI) pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) bulan ini yang diperkirakan bakal memangkas suku bunga acuan untuk mendukung momentum pertumbuhan ekonomi membaik di kuartal III 2020," ujar Josua.

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru