Agar tidak jadi korban kejahatan skimming ATM, lakukan tips dari kepolisian ini

Kamis, 16 Juli 2020 | 08:46 WIB Sumber: Kompas.com
Agar tidak jadi korban kejahatan skimming ATM, lakukan tips dari kepolisian ini

ILUSTRASI. Ramyadjie Priambodo - RP mengenakan kerudung untuk menyamar menjadi seorang perempuan saat mengambil uang di mesin atm. (Dokumentasi Polda Metro Jaya) JAKARTA, KOMPAS.com ? Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, tersangka Ramdyadhie P


KEJAHATAN PERBANKAN - Jakarta. Kejahatan bermodus ganjal mesin ATM dengan tusuk gigi atau skimming ATM kembali marak. Polres Metro Jakarta Barat menangkap tiga tersangka kejahatan modus ganjal mesin ATM dengan tusuk gigi. Agar Anda tidak menjadi korban kejahatan skimming ATM, lakukan beberapa tips berikut ini.

Aksi kejahatan seperti ini bukan kali pertama terjadi. Bahkan Kapolres Metro Jakarta Barat Audie S Latuheru mengakui bahwa tindak kriminal ganjal atau skimming ATM terbilang marak. “Peristiwa ini sudah banyak berbagai modus, ada juga skimming, kalau tusuk gigi sederhana,” kata Audie di Mapolres Metri Jakarta Barat, Rabu (15/7/2020). 

Baca juga: Mudah dan praktis, ini cara tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA 

Meski ada berbagai modus, tindak pidana bisa terjadi apabila tersangka memiliki kartu dan pin ATM korban. Polisi lantas memberi beberapa tips agar terhindar dari tindak pidana yang bisa menghabiskan uang tabungan dengan seketika. 

Berikut tips mencegah kejahatan skimming ATM.

1. Hapal tombol angka di mesin ATM 

Audie menyampaikan, salah satu langkah mudah agar terhindar dari kejahatan berbasis mesin ATM yakni dengan menghapal letak angka di mesin penarikan uang tersebut. “Kebanyakan korban yang tidak hapal (tombol) angka, sehingga dia mengintip tombol,” ucap Audie. 

Menurut Audie, saat nasabah mengintip tombol angka di mesin ATM, orang lain yang mengantre juga berkesempatan melihat kombinasi angka yang dimasukkan. 

Terlebih di mesin-mesin ATM yang tak memiliki ruangan sendiri seperti di mini market atau mal. Letak tombol angka di mesin ATM seharusnya tidak terlalu sulit dihapalkan karena rata-rata susunannya mirip dengan tombol angka di ponsel. Apabila nasabah hapal dengan urutan tombol angka tersebut, maka nasabah bisa menutupi tombol tersebut dengan tubuh.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru