Split Bill adalah Membagi Tagihan, Ini Etikanya agar Tidak Merusak Pertemanan

Minggu, 06 Maret 2022 | 10:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Split Bill adalah Membagi Tagihan, Ini Etikanya agar Tidak Merusak Pertemanan


KONTAN.CO.ID - Split bill adalah istilah dalam bahasa Inggris yang berarti membagi tagihan atau pembayaran. Begini etika split bill biar tidak merusak pertemanan.

Istilah ini biasa digunakan saat suatu rombongan atau dua orang dalam kencan atau pertemanan makan bersama namun meminta tagihannya untuk dipisah atau bayar sendiri-sendiri.

Selain itu, ada pula istilah split payment. Dikutip dari laman Investopedia, split payment adalah menggunakan sejumlah metode pembayaran untuk menyelesaikan seluruh biaya dari satu transaksi. 

Seseorang yang menggunakan dua kartu kredit yang berbeda untuk membayar satu barang atau satu tagihan juga menjadi salah satu contoh dari split payment.

Baca Juga: Orang terkaya kelima di Korea Selatan ini jual sebagian sahamnya untuk beramal

Etika split bill agar tidak merusak pertemanan

Berikut adalah beberapa tips atau etika agar split bill tidak merusak pertemanan seperti dikutip dari laman The Economics Times

1. Pertama, capai kesepakatan mengenai split bill atau pembayaran terpisah sebelum melakukan pemesanan apa pun, untuk menghindari keributan saat sudah ada tagihan. Misalnya, apakah akan memesan beberapa makanan sekaligus dalam porsi dan dimakan bersama-sama lalu total tagihan dibagi rata. Atau, memesan makanan untuk dimakan masing-masing individu dan membayar sesuai pesanannya masing-masing. 

2. Jika ada tambahan rekan baru bergabung dalam grup maka jelaskan jelaskan aturannya kepadanya. Atau jika tidak, siapa pun yang membawa tamu itu akan membayarnya.

3. Jika seseorang membayar semua tagihan dengan kartu kredit, pastikan untuk segera membayar bagian tagihan Anda kepada seseorang tersebut. Jangan menunda untuk membayarnya apalagi sampai orang tersebut menagih kepada Anda. 

4. Jika pergi makan bersama atasan Anda lalu dia melunasi seluruh tagihannya, maka jika di lain waktu ada kesempatan makan bersama atasan Anda, sebaiknya gantian Anda yang membayar tagihannya. 

Selanjutnya: Didukung Akulaku, Bank Neo Commerce (BNC) sasar kaum milenial

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru