Mengenal MEXT, beasiswa untuk sekolah di Jepang

Kamis, 03 Maret 2016 | 14:15 WIB   Reporter: Sri Sayekti
Mengenal MEXT, beasiswa untuk sekolah di Jepang


BAGI Anda yang punya niat melanjutkan pendidikan ke Jepang, Anda bisa mencoba tawaran beasiswa menarik dari pemerintah Jepang. Namanya adalah beasiswa Monkubagakusho, atau juga dikenal dengan sebutan MEXT.

Beasiswa dari pemerintah Jepang ini tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa S1, S2 dan S3 saja, lo! Anda yang hendak studi di jenjang D2 dan D3 pun bisa memanfaatkan beasiswa ini. 

Menurut Ina Liem, CEO Jurusanku.com bagi yang ingin mengajukan beasiswa MEXT ini harap memperhatikan batas waktu pendaftaran. “Durasi pendaftaran sangat singkat, hanya dua atau tiga minggu saja,” jelas Ina.

Setiap tahun hanya ada satu kali pendaftaran beasiswa ini dan biasanya di awal bulan Mei untuk jenjang D2, D3 dan S1, serta  bulan Maret untuk jenjang S2 dan S3. “Menariknya beasiswa MEXT  atau Monkubagakusho tidak ada ikatan apa pun setelah studi selesai,” imbuh Ina.

Setelah lolos seleksi dokumen administrasi, ada ujian yang diadakan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan Makassar. Materi ujian adalah bahasa Inggris dan Matematika dan IPA atau IPS sesuai bidang studi yang diambil. Lalu ada tes wawancara.

Persyaratan untuk jenjang S2 dan S3 adalah membuat proposal penelitian, mencari profesor yang sesuai untuk membimbing penelitiannya dan mengirimkan proposal langsung ke universitas yang dituju.

Program D3 atau disebut Koto senmon gakko menarik minat mahasiswa Jepang mapun asing, karena memberikan praktik dan kemampuan yang lebih daripada program di universitas.

Bagi lulusan SMA yang studi program D3 akan langsung ditempatkan kerja di tahun ketiga. Menarik bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Harris Hadinata

Terbaru