Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.393
  • EMAS666.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.04%
  • RD.CAMPURAN 0.21%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Memberikan banyak manfaat, ini cara bijak memilih asuransi kesehatan

Minggu, 12 Mei 2019 / 04:02 WIB

Memberikan banyak manfaat, ini cara bijak memilih asuransi kesehatan
ILUSTRASI. Fasilitas Rawat Inap Ibu & Anak

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi kepada Anda di masa depan. Melindungi diri dengan asuransi kesehatan, bisa menjadi jalan terbaik untuk meminimalisasi resiko. Namun, Anda harus bijak dalam memilih produk agar tidak menyesal di kemudian hari.

Widya Yuliarti, Perencana Keuangan Finansialku.com, menjelaskan bahwa asuransi kesehatan sangat penting dimiliki semua orang, terutama orang-orang yang menjadi tulang punggung keluarga.

Asuransi kesehatan bisa menjaga cashflow keluarga ketika ada anggota keluarga menjalani perawatan kesehatan secara intensif.

Namun, sebagian orang masih bingung mengenai waktu yang tepat serta dan jenis asuransi kesehatan apa yang harus dibeli.

Maklum saja, perusahaan asuransi menawarkan beragam jenis produk asuransi kesehatan. Bila tidak cermat, bisa-bisa Anda sengsara oleh nilai premi yang besar.

Jika Anda termasuk orang yang masih bingung memilih asuransi kesehatan, simak ulasannya berikut ini.

1. Resmi jadi karyawan atau pengusaha

Kapan saya mulai membeli asuransi kesehatan? Jawabannya adalah kapan saja.

Anda tidak dibatasi waktu untuk membeli produk asuransi kesehatan. Namun, para perencana keuangan menyarankan Anda membeli premi asuransi kesehatan sedini mungkin.

Risza Bambang, Perancang Keuangan OneShilth menyarankan kita untuk membeli premi asuransi kesehatan saat sudah bekerja. Adapun Widya Yuliarti, Perencana Keuangan Finansialku.com, menyarankan kita mulai memiliki asuransi ketika sudah mempunyai penghasilan sendiri.

Semakin muda kita membeli premi asuransi kesehatan, semakin banyak manfaat yang bisa kita peroleh. Salah satunya harga premi yang lebih terjangkau.

"Semakin tua umur Anda, nilai premi yang harus dibayarkan semakin tinggi," kata Widya. Maklum saja, semakin tua tubuh kita, semakin rentan terkena penyakit.

2. Cari produk sesuai kebutuhan

Risza menyarankan kita membeli produk asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian kita tidak terbebani saat membayar premi saban bulan.

"Asuransi kesehatan adalah kebutuhan sekunder, jadi tidak perlu berlebihan," katanya.

Bila tidak masalah berbagi ruangan rawat inap, silakan beli produk perawatan kelas tiga. Sebaliknya, jika Anda suka berobat ke luar negeri, ya, pilihlah produk yang menyediakan fasilitas tersebut.

Saat ini tersedia banyak produk asuransi kesehatan, sehingga Anda mempunyai banyak pilihan. Buang rasa malas untuk mempelajari masing-masimg produk agar mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Buanglah rasa gengsi agar nilai premi yang harus dibayarkan tidak sampai mencekik leher.  

3. Pelajari sistem pembayaran asuransi kesehatan

Hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah mempelajari sistem pembayaran asuransi kesehatan. Jangan sampai Anda susah membayar tagihan karena salah memilih produk.

Risza menjelaskan, ada tiga sistem pembayaran asuransi kesehatan. Pertama, dengan sistem reimburse yakni Anda harus menalangi pembayaran seluruh tagihan rumah sakit. Baru setelah itu, Anda dapat mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk penggantian pembayaran.

Kedua, dengan sistem kartu yakni Anda cukup menyerahkan kartu asuransi untuk pembayaran tagihan pengobatan. Ketiga, dengan sistem santunan yakni pihak asuransi akan memberikan uang tunai selama Anda sakit.

Anda akan mendapatkan dana sesuai dengan kesepakatan yang dibuat. Dengan begitu, Anda dapat mengumpulkan uang tersebut untuk pembayaran tagihan.


Reporter: Tri Sulistiowati
Editor: Tri
Video Pilihan

TERBARU
Hasil Pemilu 2019
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0940 || diagnostic_web = 0.5569

Close [X]
×