Uang

Kurs dollar rupiah hari ini: Balik lagi ke bawah Rp 14.000

Jumat, 12 Juni 2020 | 05:00 WIB   Reporter: Intan Nirmala Sari
Kurs dollar rupiah hari ini: Balik lagi ke bawah Rp 14.000

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs dollar rupiah hari ini bisa kembali ke bawah Rp 14.000. Mengutip Bloomberg, pada perdagangan Kamis (11/6), rupiah terkoreksi 0,29% ke level Rp 14.020 per dollar Amerika Serikat (AS). 

Sedang di kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah justru menguat 0,49% menjadi Rp 14.014 per dolar AS.

Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf mengatakan, rupiah sudah menguat cukup dalam, ke bawah Rp 13.800 per dolar AS beberapa waktu lalu, sehingga sudah sewajarnya terjadi profit taking. 

Namun, secara keseluruhan pergerakan nilai tukar rupiah masih dalam tren penguatan.

Baca Juga: Nilai tukar rupiah berpeluang menguat jelang akhir pekan

"Ini didukung sentimen The Fed (bank sentral AS) yang berkomitmen untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dan siap menjalankan kebijakan moneter akomodatif unlimited, termasuk dalam membeli aset," kata Alwi kepada Kontan.co.id, Kamis (11/6).

Kondisi tersebut tentu berpotensi memicu pelemahan dolar AS di jangka panjang. Tambah lagi, risiko gelombang kedua penyebaran virus corona baru masih menghantui sentimen pasar keuangan global.

Dari sentimen domestik, pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) awal Juni lalu bisa mampu mendorong aktivitas ekonomi tanah air perlahan kembali pulih dan membuat rupiah kembali menguat. 

Baca Juga: Kurs rupiah berpotensi menguat pada Jumat (12/6)

Apalagi, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo sempat menyatakan, rupiah masih undervalue.

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru