Kesulitan menabung dengan menyisihkan uang? begini cara dan tips untuk mengatasinya!

Jumat, 04 September 2020 | 15:12 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Kesulitan menabung dengan menyisihkan uang? begini cara dan tips untuk mengatasinya!

ILUSTRASI. Kesulitan dengan cara menabung pada umumnya? begini tips untuk mengatasinya!


CARA MENABUNG - JAKARTA. Serangan Covid-19 telah mengajari Anda bahwa menabung itu penting. Menabung dalam jumlah kecil maupun besar tidak akan pernah ketinggalan zaman. Menabung menjadi penting sebagai sarana refleksi diri dalam memandang masa depan. 

Namun, dengan kebutuhan yang semakin banyak kesulitan menabung dapat terjadi. Kesulitan dengan cara menabung dengan menyisihkan uang dapat terjadi ketika Anda belum jeli dan paham soal kondisi keuangan Anda. Kini, ada beberapa cara untuk mengatasi kesulitan menabung dengan mengurangi dan memperhatikan pengeluaran sehari-hari.

Kontan.co.id mengutip dari laman Financialexpress.com tentang mengatasi kesulitan menabung. Simak cara dan tips ini untuk mengatasi kesulitan menabung:

Baca Juga: Jurang resesi bayangi Indonesia, ini yang bisa kamu lakukan agar selamat

1. Penganggaran yang efektif

Langkah pertama yang efektif adalah penganggaran. Penganggaran memastikan setiap orang berpegang pada rencana dan tidak melampaui target. Oleh karena itu penting untuk merencanakan tujuan masa depan, termasuk dalam hal keuangan.

Sehingga Anda sejak dini dapat mempertimbangkan biaya pada saat ini untuk merencanakan keuangan di masa depan. Secara tidak langsung cara tersebut seperti menyisihkan uang layaknya menabung

2. Membeli barang rekondisi layak pakai

Barang rekondisi adalah produk yang sebelumnya telah dikembalikan ke produsen atau vendor karena berbagai alasan dan kemudian biasanya diuji dan diperbaiki sebelum dijual kembali ke publik.

Produk rekondisi, dengan harga lebih rendah, mempertahankan kualitas standar yang diharapkan dari produsen dan mungkin juga disertai garansi oleh penjual.

Kini telah banyak pedagang di sekitar anda yang memperjual belikan barang rekondisi. Pastinya, banyak barang-barang primer seperti pakaian yang baru namun dalam status rekondisi dengan harga terjangkau.

Pastikan barang tersebut layak digunakan sehari-hari. Kegiatan tersebut secara tidak langsung dapat mengurangi biaya pengeluaran untuk kebutuhan yang biasanya mengeluarkan biaya berlebih.

Baca Juga: Harga murah, lelang mobil sitaan pajak, Fortuner putih 2013, ini linknya 

3. Perencanaan saat pembelian suatu barang

Atur waktu pembelian Anda, pertimbangkan kebutuhan kini dan nanti. Untuk menghindari pembelian yang berdasarkan dari sebuah keinginan emosional, tunggu jeda satu hari untuk memastikan Anda benar membutuhkannya atau tidak. 

Hindari kebiasaan untuk memutuskan pembelian Anda secara cepat. Dengan begitu, Anda secara tidak langsung melakukan penghematan layaknya menabung.

Kemudian, selalu perhatikan penawaran yang disediakan oleh portal pembayaran yang berbeda saat melakukan pembelian. Biasanya setiap bank maupun e-wallet memiliki promo menarik yang bisa dimanfaatkan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan Anda untuk perhatian dengan setiap promo atau diskon. Namun tetap pertimbangkan kebutuhan tersebut layak dipenuhi dalam waktu dekat atau tidak

Jika Anda memiliki Kartu kredit, maka Anda perlu perhatikan kemampuan untuk membayar tagihan. Pastikan Anda sudah rencanakan besaran pembayaran tersebut. Karena setiap bank akan mengenakan denda berat sebagai bunga dan biaya keterlambatan pembayaran. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk membayar tagihan tepat waktu.

4. Memperhatikan kualitas sebuah barang

Saat membeli produk dengan harga tinggi untuk rumah Anda, pertimbangkan kualitas daripada harga. Anda diharuskan untuk bijaksana dalam menggunakan uang saat membeli suatu barang

Termasuk dalam hal bersikap saat membeli barang berdasarkan kualitas. Perlu diperhatikan, ketika Anda membeli barang dengan kualitas rendah, Anda akan mengeluarkan biaya tambahan saat terjadi kerusakan. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan ulasan dan layanan purna jual sebuah barang.

5. Memperhatikan biaya listrik

Tagihan listrik seringkali diabaikan tetapi merupakan aspek yang sangat penting untuk menjadi sumber menghemat pengeluaran.  Seperti menghemat listrik dari pemakaian AC, menghemat air, hingga mengurangi penggunaan perangkat yang berdaya listrik tinggi.

Secara tidak langsung Anda sedang melakukan penghematan biaya layaknya menabung.

Dari cara diatas, sebenarnya Anda telah melakukan tindakan menabung secara tidak langsung. Artinya, memperhatikan pengeluaran Anda sehari-hari sangat penting ketika menabung dengan menyisihkan uang sulit dilakukan.

Selanjutnya: Begini modus penipuan perbankan dan cara menghindarinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru