Ini 4 cara menyiapkan dana darurat yang penting dimiliki tiap keluarga

Sabtu, 18 September 2021 | 10:09 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini 4 cara menyiapkan dana darurat yang penting dimiliki tiap keluarga

ILUSTRASI. Ini 4 cara menyiapkan dana darurat yang penting dimiliki tiap keluarga.

KONTAN.CO.ID - Dana darurat penting untuk dipersiapkan baik individu atau keluarga. Dana ini akan sangat membantu saat Anda menghadapi kejadian tidak terduga. 

Dana darurat merupakan dana yang dipersiapkan secara khusus untuk kebutuhan mendadak atau kejadian yang tidak terduga. 

Menurut SiapNikah, platform milik Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN, peran dana darurat saat kejadian tak terduga sangat besar. 

Dana yang sudah disiapkan tersebut bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan selama beberapa bulan, meski Anda ada pemasukan bulanan sama sekali.

Dengan adanya dana darurat, Anda bisa terbantu jika sewaktu-waktu terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau kecelakaan dan sakit. 

Bagaimana cara yang benar menyiapkan dana darurat? Mari simak tips berikut ini dari SiapNikah:

Baca Juga: Bank BTN buka kembali lowongan kerja tahun 2021, penempatan di berbagai kota besar

  • Sumber yang digunakan

Menurut SiapNikah, setiap keluarga atau individu idealnya menyisihkan setidaknya 10 persen dari gaji bulanan untuk dana darurat. 

Selain dari gaji, Anda bisa menggunakan sumber lain untuk dana darurat. Anda bisa menggunakan pemasukan dari komisi harian, Tunjangan Hari Raya (THR), bonus tahunan, atau penghasilan tambahan lainnya. 

  • Jumlah dana darurat

Jumlah dana darurat yang dipersiapkan harus bisa menanggung kebutuhan semua anggota keluarga. Karenanya, Anda perlu memperhatikan berapa orang yang ditanggung. 

Dana yang disiapkan untuk keadaan darurat biasanya sebesar tiga kali gaji atau penghasilan dikali dengan jumlah anggota keluarga. 

Jika Anda sudah menikah dan memiliki satu orang anak, dana darurat yang perlu disiapkan setidaknya sebesar sembilan kali gaji bulanan. 

Sedang untuk keluarga dengan dua anak atau lebih, dana yang dipersiapkan sekitar 12 kali gaji bulanan atau lebih. 

Pastikan Anda benar-benar menghitung rancangan kebutuhan dengan teliti. Nantinya, dana darurat tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari selama 3-6 bulan. 

Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja? Ini cara cek status kelulusan Gelombang yang Anda daftar

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru