Manajemen Utang

Ingin bisnis berkembang, simak 3 poin mengajukan kredit usaha

Rabu, 20 November 2019 | 04:38 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Ingin bisnis berkembang, simak 3 poin mengajukan kredit usaha

ILUSTRASI. Ilustrasi Bebas Utang

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menambah modal usaha jadi hal yang wajib dilakukan oleh pengusaha bila ingin mengembangkan bisnisnya. Namun, seorang pengusaha harus berhitung sebelum mengajukan kredit. Alasannya, agar mereka tidak sampai gagal bayar dan berujung bisnis jadi gulung tikar.

Mike Rini Sutikno, Financial Planner Mitra Rencana Edukasi mengatakan tidak salah kok mengajukan utang atau kredit usaha. Asalkan, si pengusaha mempunyai tujuan.

Baca Juga: Agar bisnis maju, pisahkan rekening usaha dan pribadi

Sehingga, pinjaman tersebut berguna untuk pengembangan usaha. "Karena ada juga yang mengajukan kredit tapi malah dipakainya untuk memenuhi kebutuhan konsumtif," kata Mike.

Budi Rudianto, Financial Planner menyarankan pengusaha dapat mengajukan kredit usaha di bank. Dengan catatan, mereka mempunyai dokumen usaha yang lengkap dan agunan.

Sedangkan, untuk pengusaha yang masih merintis dapat mengajukan pinjaman tanpa agunan di bank atau peer to peer lending.

Tapi yang perlu seorang pengusaha ingat adalah Anda wajib berhitung dan mempersiapkan diri sebelum mengajukan utang. Tujuannya, agar Anda tidak sampai terlilit utang usaha dan gagal bayar.

Tetapkan tujuan utang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan tujuan mengajukan utang.

Misalnya, Anda perlu modal tambahan untuk membeli mesin produksi. Atau, Anda membutuhkan modal untuk menambah pasokan bahan baku produksi.

Baca Juga: Agar tidak jadi wacana, simak 4 poin menyusun anggaran bulanan

Budi mengatakan tujuan tersebut akan membantu Anda untuk mengetahui jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Selain itu, tujuan ini akan memandu Anda untuk menetapkan jenis pinjaman yang akan diambil.

Editor: Tri


Terbaru