Cek kartu ATM Anda, besok kartu magnetik diblokir

Selasa, 30 November 2021 | 13:14 WIB Sumber: Kompas.com
Cek kartu ATM Anda, besok kartu magnetik diblokir

ILUSTRASI. Cek kartu ATM Anda, besok kartu magnetik diblokir

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cek lagu kartu debit atau kartu ATM yang kamu pakai. Pasalnya, kartu debit atau kartu ATM berbasis strip magnetifk akan diblokir atau tidak bisa digunakan mulai besok Rabu, 1 Desember 2021.

Dilansir dari Kompas.com. manajemen PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menghimbau kepada nasabah yang masih menggunakan kartu ATM atau kartu debit berbasis strip magnetik diimbau untuk segera melakukan penukaran kartu debit ini. Pasalnya batas waktu penggunaan kartu debit lama itu jatuh pada hari ini, Selasa (30/11/2021).

Manajemen BCA menyatakan, setelah tanggal 30 November 2021, semua jenis kartu debit perusahaan, mulai dari Debit BCA, Xpresi BCA, Tapres, TabunganKu, BCA Dollar, Simpanan Pelajar, hingga BCA Cash yang belum menggunakan teknologi cip tidak bisa lagi digunakan. “Karena kartu tanpa cip tidak bisa lagi digunakan untuk bertransaksi dan otomatis terblokir," tulis manajemen BCA.

Baca Juga: Kartu ATM Magnetik BCA kamu akan diblokir besok, segera tukar

Asal tahu saja, ciri utama kartu ATM magnetik ialah memiliki garis hitam memanjang di balik kartu. Sementara itu, kartu debit berbasis cip memiliki lempengan cip kecil bewarna emas di bagian depan kartu.

Keputusan pemblokiran kartu ATM atau kartu debit itu sesuai dengan Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 17/52/DKSP, yang mewajibkan penggunaan kartu debit berbasis cip pada akhir 2021. Untuk memfasilitasi ketentuan tersebut, BCA menyiapkan 3 jenis layanan penukaran.

Pertama, nasabah dapat menukarkan kartu debitnya secara mandiri dengan menggunakan mesin CS Digital BCA. Layanan ini dapat digunakan untuk penukaran kartu debit jenis Debit BCA dan Xpresi BCA. Kemudian, nasabah juga dapat melakukan penukaran kartu debit di seluruh kantor cabang BCA.

Layanan ini dipastikan dapat dilakukan nasabah tanpa pungutan biaya, atau gratis. Apabila nasabah tidak ingin ke luar rumah, penukaran kartu debit dapat dilakukan nasabah dengan menghubungi Halo BCA 1500888 dan aplikasi haloBCA.

Adapun tarif pengiriman kartu yang akan dikenakan kepada nasabah sebesar Rp 20.000. "Khusus Simpanan Pelajar dan BCA Cash penggantian kartu hanya bisa dilakukan melalui Kantor Cabang BCA terdekat," tulis manajemen BCA.

Manajemen PT Bank Tabungan Negara (BTN) juga mengingatkan nasabah untuk mengganti kartu debit atau kartu ATM berbasis strip magnetik. Pasalnya, kartu ATM atau kartu debit BTN yang berbasis strip magnetik akan diblokir mulai 1 Desember 2021.

Dilansir dari Kompas.com, Sekretaris Perusahaan BTN Ari Kurniawan mengatakan, masih ada segelintir nasabah yang belum melakukan penukaran kartu ATM atau kartu debit. "Saat ini proses perpindahan kartu berbasis magnetik menjadi kartu cip sudah hampir 100 persen, bagi nasabah yang masih memiliki kartu non-chip dapat melakukan proses penukaran di seluruh outlet BTN," tutur Ari.

Ari mengimbau kepada nasabah yang masih memegang kartu debit atau kartu ATM magnetik untuk segera melakukan penukaran menjadi kartu. Sebab, hal tersebut selaras dengan ketentuan Bank Indonesia, yang mewajibkan penggunaan kartu chip 100 persen mulai 1 Januari 2022 sesuai Surat Edaran BI No.17/52/DKSP.

Dengan demikian, terhitung 1 Januari tahun depan, kartu debit berbasis magnetik sudah tidak bisa lagi digunakan nasabah untuk bertransaksi. "Kami mengimbau untuk kelancaran transaksi perbankan nasabah melalui ATM, bagi nasabah yang belum mengganti kartunya menjadi kartu chip untuk segera menggantinya," tutur Ari.

Lebih lanjut Ari menyebutkan, perseroan akan mengikuti ketentuan bank sentral dalam rangka pemblokiran sepenuhnya kartu debit berbasis magnetik. Artinya, kartu debit berbasis magnetik BTN akan diblokir sepenuhnya terhitung pada 31 Desember 2021.  "Sesuai informasi yang sudah disampaikan kepada nasabah, bahwa kartu berbasis non-chip atau kartu berbasis magnetik akan diblokir sehingga tidak bisa digunakan lagi," ucap Ari.

Sebagai informasi, penukaran kartu debit BTN dapat dilakukan di seluruh kantor cabang perseroan, tanpa dipungut biaya sepeser pun atau gratis.

Selanjutnya: Jokowi resmikan 2 bendungan di Jatim

Editor: Adi Wikanto
Terbaru