Cara mendapatkan stimulus Listrik PLN, berlaku untuk Desember 2021!

Rabu, 01 Desember 2021 | 10:14 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
Cara mendapatkan stimulus Listrik PLN, berlaku untuk Desember 2021!

ILUSTRASI. Cara mendapatkan stimulus Listrik PLN, berlaku sampai Desember 2021 . ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah memperpanjang diskon tarif listrik hingga Desember 2021. Sebelumnya, pemberian stimulus listrik untuk pelanggan rumah tangga 450 VA-900 VA dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) hanya berlaku hingga September 2021.

Perpanjangan stimulus listrik ini mencakup diskon, pengurangan biaya berlangganan, dan penerapan persyaratan minimum untuk pelanggan sosial, bisnis, dan industri.

Untuk pelanggan pascabayar, diskon akan diberikan langsung dengan memotong tagihan listrik pelanggan. Sedangkan untuk pelanggan prabayar, potongan tarif listrik diberikan pada saat pembelian token listrik.

Baca Juga: Cara lapor gangguan listrik PLN tanpa keluar rumah, makin mudah dan real time

Pelanggan prabayar listrik 450 VA tidak perlu lagi mengakses token melalui website, layanan WhatsApp, atau aplikasi PLN Mobile. Stimulus akan langsung didapatkan saat membeli token listrik.

Khusus untuk pengurangan biaya, langganan, dan pembebasan persyaratan rekening minimum, stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan listrik konsumen.

Diskon 50% hanya diberikan untuk pengeluaran atau biaya berlangganan dan biaya minimum penggunaan akun.

Seperti dilansir Kompas.com, 20 Juli 2021, Direktur Niaga dan Pengelolaan Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, perpanjangan diskon tarif listrik diharapkan dapat mendorong masyarakat dan dunia usaha untuk tetap produktif, serta meningkatkan pendapatan masyarakat. penghasilan. penghasilan. penghasilan. daya beli di tengah pandemi.

“Kami selalu mendukung dengan menjalankan keputusan pemerintah untuk memberikan stimulus listrik bagi masyarakat kecil dan pelaku usaha yang terdampak Covid-19,” kata Bob.

Baca Juga: Electrifying lifestyle, PLN andalkan kompor induksi dan ekosistem kendaraan listrik

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), besaran stimulus listrik yang diberikan hingga Desember 2021 adalah sebagai berikut:

  1. Pelanggan listrik rumah tangga 450 VA, usaha kecil listrik 450 VA, dan industri kecil listrik 450 VA diberikan diskon tarif listrik 50 persen dengan penggunaan daya maksimal 720 jam.
  2. Pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi diberikan diskon tarif listrik sebesar 25 persen dengan penggunaan daya maksimum 720 jam.
  3. Pembebasan dari biaya atau biaya berlangganan, dan pembebasan dari persyaratan akun minimum 50% untuk pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Mendapatkan Diskon Tarif Listrik Desember 2021, Tidak Perlu Akses WhatsApp dan Website PLN",

Penulis: Dandy Bayu Bramasta
Redaktur: Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru