Berjualan di Tokopedia? Ini Daftar Penalti Pelanggaran bagi Seller & Cara Menghindari

Jumat, 18 Maret 2022 | 13:37 WIB   Penulis: Mega Putri
Berjualan di Tokopedia? Ini Daftar Penalti Pelanggaran bagi Seller & Cara Menghindari

Berjualan di Tokopedia? Ini daftar skor performa toko, penalti pelanggaran bagi seller dan cara menghindarinya.


PROMO DAN DISKON - JAKARTA. Tokopedia menerapkan skor performa toko untuk menilai kualiatas pelayanan toko. Tokopedia juga memberikan sederet penalti skor untuk pelanggaran produk hingga cara menghindarinya. 

Berbelanja dan menjual barang secara online memberikan kemudahan bagi penjual atau pembeli. Di Tokopedia, kemudahan ini juga bisa didapatkan dan menghubungan dua orang dari berbagai tempat. 

Tokopedia kini menerapkan skor performa toko sebagai satu-satunya standar untuk menilai kualitas pelayanan toko ke pembeli. Ada 13 hal yang perlu dihindari bagi seller Tokopedia. 

Baca Juga: Jadi Seller Tokopedia? Hindari 13 Pelanggaran Ini untuk Amankan Skor Performa Toko

Skema penalti dan skor performa toko di Tokopedia

Selain itu, menurut Tokopedia, sejak 11 Februari 2022, terdapat penalti terkait beragam pelanggaran produk. Ada beberapa hal dan pengurangan skornya yang perlu diperhatikan oleh seller Tokopedia. 

Penalti pelanggaran produk di Tokopedia

  1. Penalti duplikasi produk atau toko (-1)
  2. Pelanggaran produk ringan (-1)
  3. Penalti Manipulasi produk atau toko (-5)
  4. Pelanggaran produk sedang (-5)
  5. Toko terindikasi melakukan penipuan (-15)
  6. Pelanggaran produk berat (-15)

Penalti perpanjangan waktu

Tokopedia

Penalti di Tokopedia ini dimulai pada 10 Desember 2021. Penjual di Tokopedia akan mendapatkan penalti jika jumlah perpanjangan waktu pesanan yang disetujui melebihi batasan. Ini cara menghitungnya:

  1. Penalti akan dihitung setiap minggu dengan cut-off pada hari Sabtu dengan menggunakan data pada hari Minggu sampai Sabtu.
  2. Cara penghitungan yang dipakai adalah jumlah perpanjangan waktu pesanan yang disetujui dibagi dengan jumlah pesanan terverifikasi yang diterima penjual. 
  3. Penalti perpanjangan waktu pesanan akan memotong 1 poin penalti dari seller. 

Penalti manipulasi transaksi

Tokopedia

Penalti manipulasi transaksi ini diberikan apabila penjual di Tokopedia melakukan manupulasi transaksi antara penjual dan pembeli dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. 

Penalti manipulasi transaksi ini dihitung secara mingguan. Penjual di Tokopedia akan dikenakan penalti poin sesuai dengan akumulasi transaksi yang dilakukan pada periode tersebut.

Baca Juga: Promo JSM Alfamart Mulai 18-20 Maret 2022, Dapatkan Harga yang Lebih Hemat

Skema pengurangan poin penalti

Tokopedia

  • Poin belum dipotong. Penalti belum aktif dan poin pelanggaran akan dikenakan mulai tanggal yang tertera pada status penalti.
  • Sedang berlangsung. Penalti sedang aktif dan poin pelanggaran akan dikenakan pada tokomu. Masa aktif penalti berlangsung selama 4 minggu dari tanggal efektif.
  • Penalti selesai. Penalti sudah tidak aktif dan tidak akan dikenakan poin pelanggaran.

Cara untuk menghindari penalti

Bagi seller di Tokopedia yang ingin memaksimalkan performa tokonya dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi pembeli, penalti-penalti tersebut tentu harus dihindari. Berikut caranya:

1. Segera proses pesanan sebelum batas waktu yang ditentukan.

Usahakan untuk terima pesanan selambatnya H+1 dan lakukan konfirmasi pengiriman selambatnya H+2 setelah pesanan masuk. Hindari pembatalan otomatis agar skor performa toko di Tokopedia tidak berkurang. 

2. Update stok produk secara berkala dan sesuaikan dengan stok di gudang.

Lakukan update stok agar tidak ada pembatalan pesanan karena stok habis. Segera ubah status produk menjadi tidak aktif agar tidak dipilih oleh pembeli di Tokopedia.

3. Pastikan produk siap diambil sebelum ada permintaan.

Patikan agar paket selalu siap diambil sebelum adanya permintaan agar proses penjemputan berjalan dengan baik. Jangan lupa untuk unggah resi pengiriman sebelum jatuh batas waktunya. 

Pengurangan skor performa toko tersebut akan dimulai pada Senin pertama setelah melakukan pelanggaran. Pengurangan skor performa toko bagi seller Tokopedia ini berlaku selama 4 minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Mega Putri

Terbaru