Jadi Seller Tokopedia? Hindari 13 Pelanggaran Ini untuk Amankan Skor Performa Toko

Jumat, 18 Maret 2022 | 12:42 WIB   Penulis: Mega Putri
Jadi Seller Tokopedia? Hindari 13 Pelanggaran Ini untuk Amankan Skor Performa Toko

Skema penalti dan skor performa toko bagi seller di Tokopedia untuk memaksimalkan poin Anda.


PROMO DAN DISKON - JAKARTA. Tokopedia menerapkan skor performa toko sebagai satu-satunya standar untuk menilai kualitas pelayanan toko ke pembeli. Ada sederet hal yang menjadi nilai maupun jenis pelanggaran bagi seller Tokopedia. 

Berjualan maupun memulai bisnis secara online di era kemajuan teknologi saat ini tentu menjadi pilihan yang menarik. Salah satunya adalah dengan menjadi seller di Tokopedia. 

Bagi seller Tokopedia, ada banyak hal yang harus diperhatikan untuk menjaga performa toko Anda. Melansir laman Tokopedia, ada tiga hal utama yang memengaruhi penilaian skor performa toko.  

Baca Juga: Promo JSM Indomaret Berlaku 18-20 Maret 2022 untuk Belanja Produk Kebutuhan Harian

Tokopedia

Tiga hal tersebut adalah level toko, parameter performa toko, dan poin penalti dari pelanggaran toko. Selain itu, hindari penalti di pusat resolusi dan penalti gabungan di pusat resolusi. 

Nah, berikut ini adalah deretan skor penalti yang akan ditujukan kepada seller Tokopedia beserta pelanggarannya. Hindari hal-hal ini untuk memaksimalkan skor performa toko Anda di Tokopedia. 

Baca Juga: Promo Indomaret Super Hemat Mingguan Terbaru 16-22 Maret 2022, Berikut Katalognya!

Jenis pelanggaran yang dikenakan poin penalti

  1. Seller Tokopedia mengabaikan pesanan dengan tidak diproses dan terjadi pembatalan otomatis. (-1)
  2. Seller Tokopedia mengabaikan pengiriman dengan tidak diproses sesuai batas waktu yang ditentukan. (-1)
  3. Seller Tokopedia membatalkan pengiriman pada pesanan yang telah dikonfirmasi. (-1) 
  4. Seller Tokopedia mendapatkan penalti di pusat resolusi dengan terbukti bersalah atas kendala yang dialami pembeli.  (-1)
  5. Seller Tokopedia mendapatkan penalti gabungan di pusat resolusi atas akumulasi kesalahannya. (-1)
  6. Seller Tokopedia mendapatkan penalti perpanjangan waktu pesanan karena jumlah waktu perpanjangan pesanan yang disetujui melebihi batas yang ditentukan. (-1)
  7. Penalti manipulasi transaksi bagi seller Tokopedia akibat indikasi manipulasi transaksi antara penjual dan pembeli demi mendapatkan keuntungan. (-3 sampai -15)
  8. Penalti duplikasi produk atau toko untuk seller Tokopedia akibat nama/deskripsi/gambar produk serupa dengan toko sendiri atau toko orang lain. (-1) 
  9. Pelanggaran produk ringan bagi seller Tokopedia karena menjual produk terlarang untuk kategori pelanggaran ringan. (-1)
  10. Penalti manipulasi produk atau toko bagi seller Tokopedia yang sedang ingin meningkatkan performa produk atau toko. (-5)
  11. Seller Tokopedia mendapatkan pelanggaran produk sedang akibat menjual produk terlarang yang masuk kategori pelanggaran sedang. (-5)
  12. Toko terindikasi melakukan penipuan bagi seller tokopedia yang menjual produk dengan harga rendah sehingga disalahgunakan atau mengajak pembeli bertransaksi di luar Tokopedia melalui chat, diskusi atau detail produk demi penipuan. (-15)
  13. Pelanggaran produk berat bagi seller Tokopedia yang terindikasi menjual produk terlarang yang masuk di kategori pelanggaran berat. (-15)

Nikmati berbisnis di Tokopedia untuk kemudahan menjangkau pembeli dari berbagai tempat. Jangan lupa untuk terus memperhatikan perhitungan poin agar skor performa toko di Tokopedia terus meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Mega Putri

Terbaru