4 Tips Membeli Mobil Secara Cash biar Keuangan Tetap Terjaga

Jumat, 25 Maret 2022 | 15:04 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
4 Tips Membeli Mobil Secara Cash biar Keuangan Tetap Terjaga

ILUSTRASI. Tips membeli mobil baru secara cash. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.


KONTAN.CO.ID - Bagi sebagian orang, membeli mobil secara cash atau tunai bukan hal mudah karena harus banyak menabung. Untuk itu, ada tips membeli mobil baru secara cash agar keuangan tetap terjaga.

Agar keputusan membeli mobil baru tidak berakibat fatal terhadap keuangan, tentu saja ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan. 

Sebelum memiliki mobil, tentu saja Anda harus memastikan, apakah hal itu merupakan kebutuhan atau sekadar keinginan.

Sebab, meskipun mobil adalah sebuah aset, nilai kendaraan roda empat terus mengalami depresiasi di masa yang akan datang. 

Baca Juga: Cek Harga Mobil Bekas Suzuki Grand Vitara, di Bawah Rp 100 Juta per Maret 2022

Tips membeli mobil baru secara cash

Dirangkum dari keterangan resmi Duitpintar.com, berikut adalah tips untuk membeli mobil baru secara tunai agar keuangan tetap terjaga: 

1. Sisihkan 50% dari penghasilan setiap bulan

Menyisihkan 50 % dari penghasilan bisa membantu Anda membeli mobil secara cash. Caranya, sisihkan Rp 10 juta tiap bulan untuk ditabung sebagai modal membeli mobil. 

Untuk menyisihkan Rp 10 juta per bulan memang bukan perkara mudah jika gaji Anda belum Rp 20 juta. Karena itu, jika penghasilan Anda belum Rp 20 juta sebulan, maka saatnya mencari pekerjaan tambahan yang akan memberi Anda penghasilan sebesar tersebut.

2. Sisihkan Rp 3 juta setiap bulan

Cara lain yang bisa dilakukan adalah, menyisihkan penghasilan per bulan sebanyak Rp 3 juta. Menabung Rp 3 juta per bulan bisa mewujudkan impian membeli mobil baru, asalkan Anda sabar menyisihkannya selama tiga tahun lebih.

Selain sabar menyisihkan Rp 3 juta per bulan, Anda juga tidak boleh mengambil KPR atau kredit lainnya selama tiga tahun lebih. Pasalnya, Rp 3 juta itu adalah uang yang disisihkan sebesar 30% dari penghasilan bulanan.

Baca Juga: Syarat Perjalanan Mudik Lebaran 2022, Ini Lokasi Vaksin Booster Pfizer di Jakarta

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru