4 Tips Agar Mobil Tidak Boros Saat BBM Subsidi Dibatasi

Kamis, 07 Juli 2022 | 16:22 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
4 Tips Agar Mobil Tidak Boros Saat BBM Subsidi Dibatasi

ILUSTRASI. 4 Tips Agar Mobil Tidak Boros Saat BBM Subsidi Dibatasi


BBM - Jakarta. Pemerintah telah mengkaji pembatasan pembelian bahan bakar bersubsidi Pertalite untuk jenis kendaraan roda empat dan roda dua. 

Untuk kendaraan roda empat, kajian dilakukan pada kendaraan di atas 2.000 cc, sedangkan kendaraan roda dua untuk sepeda motor di atas 250 cc. 

Nah, bagi Anda pemilik kendaraan dengan roda empat di atas 2.000 cc maka harus membeli bahan bakar non subsidi seperti Pertamax. 

Untuk itu, bagi Anda pemilik kendaraan roda empat harus bisa berhemat BBM agar tidak boros. Salah satunya adalah, rutin melakukan servis secara berkala.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Dunia Naik, Pertalite & Solar Juga Ikut Naik? Ini Kata Pertamina

Tips agar mobil tidak boros saat BBM subsidi dibatasi

Dirangkum dari keterangan resmi Duitpintar.com selaku broker asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, berikut tips agar mobil tidak boros saat BBM subsidi kini dibatasi:

1. Rajin servis berkala

Servis berkala bikin ruang bakar dan komponen bensin bisa menjaga pembakaran maksimal. Dengan pembakaran maksimal akan membuat pemakaian bensin jadi hemat.

Misalnya, servis dilakukan pada hari Senin-Kamis, akan terjadi pembakaran campuran bensin dan udara tidak tuntas. 

Kalau pembakaran tidak tuntas, bensin yang keluar tidak sesuai tenaga yang ingin dihasilkan. Hasil seperti itu sama juga membuat konsumsi bensin boros, bensin tidak terbakar tuntas dan menimbulkan karbon di ruang bakar.

Selain lebih hemat bahan bakar, mesin yang dirawat secara berkala akan lebih hemat dikarenakan kerusakan yang terjadi tidak terlalu berat.

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Melambung, Harga Keekonomian BBM dan LPG Meningkat Tajam

2. Hemat pemakaian AC 

Pemakaian Air Conditioner (AC) kendaraan harus dilakukan sewajarnya. Pasalnya, AC mobil bekerja dengan bantuan BBM di kendaraan Anda, hemat pemakaian AC menjadi langkah tepat untuk Anda menghemat pemakaian bahan bakar.

Jika suhu udara di luar tidak terlalu panas, Anda bisa menyiasatinya dengan membuka jendela. Namun, bila perjalanan Anda melalui jalan tol yang membuat Anda harus berkendara dalam kecepatan tinggi, maka tetap harus memakai AC. 

Sebab, jendela yang terbuka akan semakin memperbesar tabrakan dengan udara saat mobil berada di kecepatan tinggi. Itu membuat mesin jadi lebih berat bekerja dan bahan bakar terbuang percuma.

Baca Juga: Cek Lagi! Ini Jenis Kendaraan yang Tidak Boleh Membeli Pertalite

3. Mematikan kendaraan saat berhenti lama

Tidak mematikan mesin kendaraan saat berhenti dalam waktu lebih dari 60 menit akan tetap menguras bahan bakar.

Itulah mengapa pentingnya mematikan kendaraan saat berhenti cukup lama di satu tempat untuk membantu Anda menghemat pemakaian BBM.

4. Jaga tekanan angin ban kendaraan

Saat tekanan angin ban kendaraan rendah, maka beban mesin untuk bergerak akan semakin besar. Beban tersebut membuat mesin bekerja ekstra dengan menggunakan banyak bahan bakar.

Itulah mengapa pentingnya Anda harus rutin melakukan pengecekan tekanan angin sebelum menggunakan kendaraan.

Itulah beberapa tips agar tidak boros memakai bahan bakar di tengah kondisi pembatasan BBM bersubsidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru