3 tanda Anda tidak mampu pensiun, meski telah menabung bertahun-tahun

Rabu, 16 Desember 2020 | 22:39 WIB Sumber: businessinsider.com
3 tanda Anda tidak mampu pensiun, meski telah menabung bertahun-tahun

ILUSTRASI. 3 tanda Anda tidak mampu pensiun, meski telah menabung bertahun-tahun

KONTAN.CO.ID -  Pensiun tidak selalu sesederhana meninggalkan pekerjaan. Bagi kebanyakan orang yang ingin pensiun, ini melibatkan bertahun-tahun menabung, berinvestasi, dan merencanakan untuk sukses.

Dan bahkan kemudian, tidak ada sistem yang sangat mudah untuk memungkinkan pensiun. Bahkan jika Anda telah menabung selama bertahun-tahun, mungkin saja Anda masih belum cukup menabung, atau melakukan tindakan yang membahayakan rencana pensiun Anda.

Untungnya, dengan beberapa perencanaan khusus dan tindakan awal, beberapa masalah ini dapat diatasi.

Berikut adalah beberapa tanda Anda tidak akan siap untuk pensiun, terlepas dari berapa lama Anda telah menabung.

Baca Juga: Kalangan milenial masih belum melek soal literasi keuangan

1. Anda telah mengambil pinjaman di awal

Mengambil uang dari rekening pensiun lebih awal dapat berdampak besar pada jumlah yang akan Anda sediakan untuk masa pensiun nanti karena uang Anda memiliki lebih sedikit waktu untuk tumbuh, meskipun hanya hilang selama beberapa bulan.

Sebuah studi yang dilakukan Pusat Penelitian Pensiun Boston College menunjukkan bahwa penabung yang telah mengambil pinjaman atau penarikan awal mengurangi dana yang tersedia di masa pensiun sekitar 25%.

2. Anda belum memperbarui tingkat tabungan Anda

Tabungan pensiun biasanya otomatis, langsung dari gaji Anda, tetapi jika Anda tidak terlalu memikirkan rencana Anda selama bertahun-tahun, Anda mungkin tidak berada di jalur yang benar. Meskipun mudah untuk menetapkan tingkat tabungan.

Perencana keuangan merekomendasikan untuk menabung sekitar 15% dari gaji Anda untuk masa pensiun.. Namun, bukan berarti Anda harus segera menabung 15%.

Perencana keuangan Natalie Taylor menyarankan untuk menggunakan fitur peningkatan otomatis, yang meningkatkan kontribusi sebesar 1% setiap tahun. Baik Anda melakukannya secara otomatis atau manual, ada baiknya membuat rencana untuk meningkatkan kontribusi Anda seiring waktu.

Baca Juga: Pensiunan PNS dan ahli waris yang ingin cairkan dana Taperum, cermati link ini

Editor: Noverius Laoli
Terbaru