Tips menjaga uang tetap aman saat traveling

Senin, 18 April 2016 | 13:44 WIB   Reporter: Nina Dwiantika
Tips menjaga uang tetap aman saat traveling


JAKARTA. Liburan menjadi agenda rutin bagi setiap orang. Nah, MasterCard Indonesia memberikan enam tips kepada konsumen yang ingin berlibur dengan kantong tetap aman kemana saja Anda melakukan perjalanan alias traveling.

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah beritahu bank Anda sebelum traveling. Misalnya, ketika hendak traveling ke luar negeri, hubungi pihak bank untuk mengaktifkan kartu Anda agar dapat digunakan di luar negeri. Anda juga dapat menon-aktifkan kartu Anda untuk penggunaan di luar negeri saat sudah kembali dari liburan.

Langkah kedua, manfaatkan perlindungan yang ditawarkan seperti gunakan kartu debit ataupun kartu kredit sebagai ganti dari uang tunai saat melakukan pembelian. Dengan kebijakan zero-liability dan transaksi yang tercatat, Anda akan terlindungi dari transaksi pembayaran yang tidak sah.

Ketiga, periksa kembali catatan transaksi pembayaran Anda secara rutin selama Anda traveling. Akseslah transaksi pembayaran melalui mobile application yang dimiliki bank penerbit kartu Anda atau melalui internet browser. Pastikan hal tersebut Anda lakukan hanya melalui jaringan Wi-Fi pribadi.

Keempat, simpanlah nomor-nomor telepon penting baik lokal dan internasional yang mudah dihubungi setiap saat. Ketika Anda harus melaporkan kehilangan atau pencurian, Anda tahu siapa yang harus dihubungi.

Tips kelima, pastikan Anda tetap waspada untuk setiap aktivitas yang mencurigakan atau perangkat yang tidak biasa di mesin ATM sebelum memasukkan kartu Anda. Selain itu, jangan lupa untuk menutupi pin-pad dengan tangan Anda saat memasukkan kode pin ATM maupun informasi rahasia lainnya.

Keenam, lindungi diri Anda dengan password. Cara ini untuk memastikan informasi yang Anda miliki tetap aman, gunakan password untuk melindungi ponsel, tablet serta laptop Anda saat traveling.

Anda juga dapat mengatur setiap perangkat Anda untuk auto-lock setelah beberapa menit tidak digunakan. Hal tersebut dapat membantu untuk menjaga informasi transaksi pembayaran maupun informasi penting lain yang berada dalam perangkat Anda agar tetap aman dan terlindungi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru