Supaya Keuangan Tetap Singset dan Ideal

Kamis, 01 September 2016 | 10:00 WIB   Reporter: Febriana Tambunan
Supaya Keuangan Tetap Singset dan Ideal


JAKARTA. Kalau Anda merasa keuangan Anda atau keluarga tidak berkembang dengan baik, bisa jadi keuangan Anda atau keluarga sedang sakit. Keuangan bisa dikatakan sakit bila ada rasio yang tidak normal.

Biasanya, rasio keuangan menjadi tidak normal karena berlebih atau malah kurang dari porsi idealnya. Ambil contoh, kalau Anda memiliki terlalu banyak utang, rasio keuangan Anda bisa jadi sakit.

Apa yang harus dilakukan untuk menyehatkan kembali keuangan? Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah melakukan diet finansial atawa diet keuangan.

Anda perlu melakukan diet keuangan? Secara umum, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan dalam menyusun program diet keuangan.

  • Menganalisa pola keuangan

Untuk menentukan strategi diet yang tepat, Anda harus menganalisa pola keuangan Anda, baik dari sisi pendapatan maupun pengeluaran. Anda terutama perlu menganalisa pola belanja. "Dia belanja apa saja, berapa banyak, frekuensinya berapa kali, untuk siapa saja, semua dihitung," kata Mike Rini, Chief Executive Officer Mitra Rencana Edukasi Financial & Business Advisory.

Kumpulkan bon-bon belanja dalam satu periode, misalnya satu bulan. Catat juga tagihan kartu kredit di periode tersebut. Anda juga perlu mencatat berapa besar pendapatan rutin serta berapa besar dana simpanan yang Anda punya. "Semua ini untuk menunjukkan transaksi keuangan Anda," imbuh Mike.

Dengan demikian, Anda bisa melihat pengeluaran yang sifatnya penting, pengeluaran wajib, pengeluaran dadakan hingga pengeluaran konsumtif. Dari sini, Anda bisa mencari tahu mana yang membuat rasio keuangan Anda bermasalah. Setelah itu, Anda bisa menentukan strategi diet yang cocok.

Editor: Harris Hadinata

Terbaru