HOME

Token dan listrik gratis PLN tetap berlaku untuk Juli, masih ingat caranya?

Kamis, 25 Juni 2020 | 07:26 WIB   Reporter: Filemon Agung, Pratama Guitarra
Token dan listrik gratis PLN tetap berlaku untuk Juli, masih ingat caranya?

ILUSTRASI. Penghuni mengamati meteran listrik di kompleks rumah susun Marunda Jakarta akhir minggu lalu( 2017). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/15/09/2014

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama tiga bulan pemerintah telah meminta PLN memberikan token listrik gratis bagi pelanggan daya 450 VA prabayar dan tagihan listrik gratis bagi pelanggan 450 VA pasca bayar.

PLN juga memberikan token listrik diskon 50% bagi pelanggan 900 VA subsidi prabayar dan diskon listrik 50% bagi pelanggan 900VA subsidi pascabayar. Kebijakan listrik gratis tersebut bertujuan meringankan beban pelanggan dari dampak ekonomi dari virus corona (Covid-19).

Semula kebijakan listrik gratis dari PLN (termasuk token gratis) hanya berlaku untuk periode April, Mei, dan Juni 2020. Namun Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan akan memperpanjang kebijakan token dan listrik PLN gratis maupun bersubsidi bagi sejumlah golongan pelanggan hingga September mendatang.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Hendra Iswahyudi bilang, kebijakan token dan listrik PLN gratis ini membidik pelanggan 450 VA. Adapun diskon 50% listrik dan token PLN berlaku bagi pelanggan 900 VA bersubsidi.

Sekedar informasi, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati juga pernah mengatakan akan memperpanjang subsidi listrik bagi pelanggan 450 volt ampere (VA) dan 900 VA.

"Sekarang subsidi listrik untuk 450 VA dan 900 VA yang subsidinya adalah dari mulai bulan April hingga Juni, sekarang akan diperpanjang sampai September," ujar Sri di dalam telekonferensi, Senin (18/5).

Baca Juga: Horee, listrik gratis diperpanjang hingga September 2020

Bagi pelanggan PLN listrik prabayar, layanan gratis dan diskon listrik bisa didapatkan dengan dua langkah mudah, yakni lewat situs web www.pln.co.id dan WhatsApp ke nomor 08122-123-123 (listrik gratis PLN).

Anda masih ingat cara akses token listrik gratis PLN? Jangan khawatir, kalau lupa, di halaman berikut terpampang mendapatkan token listrik gratis via website PLN atau PLN online, seperti dikutip dari Instagram resmi PLN, Selasa (7/4/2020)

Editor: Hasbi Maulana


Terbaru