Simak kiat sukses mengatur keuangan para ibu di masa pandemi

Senin, 21 Desember 2020 | 20:38 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Simak kiat sukses mengatur keuangan para ibu di masa pandemi

Bank Rakyat Indonesia bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi BisnisUI gelar Webinar bertema 'Motherpreneur, Ibu, Inklusi Keuangan dan Inovasi' Senin (21/12/2020) di Jakarta.

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA., Memperingati Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia menggelar Webinar bertema "Motherpreneur, Ibu, Inklusi Keuangan dan Inovasi" pada Senin sore (21/12) di Resto Sumber Asli Jakarta.

Diskusi yang menghadirkan narasumber wanita dari berbagai bidang ini membahas peran ibu dalam rumah tangga sekaligus kontribusinya bagi percepatan pertumbuhan ekonomi utamanya dari sektor UMKM.

Kepiawaian seorang Ibu dalam mengatur keuangan rumah tangga amat sejalan dengan kemampuannya menjadi wirausaha, tak hanya itu jiwa kreatif dan 'multitasking' ? membuat para ibu dapat mengerjakan banyak kegiatan dalam satu waktu.

Apresiasi pada para ibu disampaikan Rofikoh Komisaris Independen Bank BRI, "Ibu-ibu ini luar biasa nggak hanya ngurus rumah saja, bahkan menjalankan usaha juga merencanakan keuangan masa depan semua bisa" ujar Rofikoh dalam keterangannya.

Baca Juga: Walau sepi, transaksi ekspor impor di perbankan terus tumbuh

Pandemi dan bisnis para ibu

Namun Kondisi Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi para ibu untuk dapat mengatur keuangan rumah tangga, banyak dari para ibu bahkan harus memutar otak agar dapat menghidupi keluarganya.

Salah satu yang dilakukan Zora .... artis sekaligus influencer menyatakan situasi pandemi justru memantiknya untuk menghasilkan karya di youtube, "kondisi hamil dan pandemi membuat saya di rumah aja, akhirnya saya bikin webseries di youtube meski hasilnya nggak sebanyak biasanya alhamdulillah" ujar Zora.

Salah satu bisnis para ibu yang juga tetap hidup di kala pandemi ialah sektor UMKM, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti, turut mendorong pembinaan UMKM 4.0 secara End to End untuk mendorong digitalisasi UMKM agar penetrasi pasar produk UMKM para ibu dapat semakin luas "BI saat ini tengah mendorong digitalisasi UMKM ya, sebab dari seluruh UMKM di Indonesia yang aktif terakses dengan pemasaran digital baru 16%" ungkap Destry dalam diskusi tersebut.

Baca Juga: Jasamarga Related Business gandeng LinkAja untuk digitalisasi transaksi di rest area

Rahasia atur keuangan para ibu

Pada kesempatan ini, Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani turut berbagi rahasia sukses atur keuangan untuk para ibu, yakni menggunakan rumus 40:30:20:10 dimana kunci sukses pengaturan keuangan di masa pandemi ialah menahan agar tidak konsumtif dan menerapkan rumus 40 % keuangan untuk kebutuhan rumah tangga, 30 % untuk cicilan atau kewajiban, 20 % untuk tujuan keuangan dan investasi dan yang 10 % lagi untuk dana darurat.

"Tentunya kita harus pintar-pintar ya sebagai Ibu, apalagi di situasi pandemi yang membuat orang shock seperti sekarang ini, kuncinya ialah merencanakan keuangan dengan baik dan disiplin" pungkas Handayani.

Selanjutnya: Saham barang konsumsi UNVR, INDF, ICBP tertekan di Desember 2020, simak analisisnya

 

Editor: Noverius Laoli
Terbaru