HOME

Siapkan pensiun sebelum telat

Jumat, 15 April 2016 | 09:25 WIB   Reporter: Sri Sayekti
Siapkan pensiun sebelum telat

JAKARTA. Saat memberikan pelatihan mengenai dana pensiun di sebuah perusahaan BUMN, ada peserta yang kaget dengan pemaparan yang diberikan oleh Aidil Akbar, perencana keuangan dari Akbar Financial Check Up. Pelatihan yang biasa disebut Masa Persiapan Pensiun (MPP) tersebut diikuti oleh calon pensiunan dengan posisi terakhir manajer.

Peserta yang kaget tadi sudah punya dana pensiun sebesar Rp 1 miliar. Namun, setelah dihitung-hitung, ternyata kebutuhan dana pensiunnya mencapai Rp 4 miliar.

Padahal peserta tersebut sudah memasuki MPP. Nah, MPP yang biasa diadakan dua tahun sebelum saat pensiun akhirnya malah membuat dirinya was-was memasuki usia pensiun.

Sebenarnya, berapa lama waktu ideal menyiapkan dana pensiun? Aidil menyebut, waktu paling ideal adalah sejak awal Anda bekerja. Semakin dini menyiapkan pensiun, dana yang harus Anda sisihkan lebih kecil. Rentang waktunya juga akan lebih panjang. Rentang waktu yang panjang ini akan membuat Anda makin mudah mencapai target imbal hasil.

Bagaimana kalau sudah telat? Aidil menyarankan, sebaiknya Anda menyiapkan dana pensiun setidaknya sepuluh tahun sebelum pensiun. “Kurva investasi akan tampak titik lengkung ke atas saat lebih dari 8 tahun, jadi imbal hasil signifikan akan tampak di atas 10 tahun,” jelas Aidil.

Jadi, pastikan segera Anda sudah mempersiapkan masa pensiun Anda.


Editor: Harris Hadinata


Terbaru