Lain-Lain

Punya usaha? Ini sejumlah strategi untuk menetapkan harga jual

Sabtu, 02 November 2019 | 10:50 WIB Sumber: Kompas.com
Punya usaha? Ini sejumlah strategi untuk menetapkan harga jual

ILUSTRASI. Pengusaha busana muslim. Harga akan menjadi salah satu pertimbangan utama oleh mayoritas calon pembeli sebelum membeli sebuah produk atau jasa.foto/KONTAN/Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam bisnis, harga merupakan salah satu aspek terpenting. Harga adalah biaya yang harus dikeluarkan pembeli untuk ditukar dengan produk atau jasa yang dia inginkan. 

Harga akan menjadi salah satu pertimbangan utama oleh mayoritas calon pembeli sebelum membeli sebuah produk atau jasa. Harga juga mencerminkan kualitas suatu produk sehingga perlu dilakukan penetapan strategi harga. 

Nah, bagaimana cara menentukan harga? Menurut laporan penyedia software akuntansi online Jurnal, Sabtu (2/11/2019), berikut strategi dalam menentukan harga jual. 

Baca Juga: Gagap digital, 18 juta pekerja Indonesia terancam kehilangan pekerjaan di tahun 2030

Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Biaya 
Strategi ini merupakan cara umum yang sering diterapkan perusahaan. Penetapan harga berdasarkan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi dan menambahkan suatu jumlah persentase untuk menghasilkan laba. Ada kategori dalam penetapan harga berdasarkan biaya, antara lain sebagai berikut. 

a. Cost-Plus Pricing, yaitu penetapan harga jual per unit dengan cara menghitung jumlah biaya per unit ditambahkan beberapa jumlah sebagai laba atau yang sering disebut dengan margin. Rumusnya adalah Biaya total + Laba = Harga Jual. 
b. Mark-up Pricing, yaitu penetapan harga yang banyak digunakan oleh para pedagang perantara. Rumusnya adalah Harga Beli + MarkUp = Harga Jual. 
c. Fixed Fee Pricing, yaitu pembuat akan mendapatkan ganti rugi sejumlah biaya yang dikeluarkan, dan mendapatkan sejumlah fee tertentu yang telah disepakati. Jadi nilai fee tidak dipengaruhi nilai harga barang. 
d. Target Pricing, yaitu penetapan harga yang dilakukan berdasarkan tingkat pengembalian investasi (ROI) sesuai dengan yang diinginkan. 

Baca Juga: Bagaimana cara mendapatkan kebahagiaan? Simak artikel berikut ini

Strategi Penetapan Harga Berdasarkan Permintaan 
Strategi penetapan harga dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pendekatan terhadap kebutuhan atau permintaan konsumen. Metode ini juga melewati proses penetapan harga yang didasarkan pada persepsi konsumen terhadap nilai yang diterima. 

Untuk mengetahui suatu nilai dari produk berkualitas yang dapat diterima oleh konsumen adalah dengan Price Sensitivity Meter (PSM). 

Editor: Tendi
Tag


Terbaru