Produk Investasi Berbasis ESG Semakin Diminati Anak-anak Muda

Rabu, 03 April 2024 | 09:43 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Produk Investasi Berbasis ESG Semakin Diminati Anak-anak Muda

ILUSTRASI. Kantor Insight Investments Management di Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (23/1/2024). KONTAN/Cheppy A. Muchlis/23/01/2024


INVESTASI - JAKARTA. Antusiasme investasi reksa dana di kalangan anak muda baik generasi milenial dan Gen Z semakin tinggi dibanding kelompok generasi lainnya. Berdasarkan data KSEI, jumlah investor di pasar modal per Februari 2024 mencapai 12,47 juta. Sebanyak 12,43 juta merupakan investor individu. 

Dari investor individu tersebut tercatat semakin didominasi oleh millenial dan Gen Z. Investor kelompok usia 30 tahun ke bawah mencapai 56,15% dan kelompok usia 31-40 tahun mencapai 23,71%.
 
Chief Investment Officer Insight Investments, Camar Remoa , melihat fenomena ini sejalan dengan adanya tren pengelolaan aset saat ini yang semakin banyak mengarah pada  integrasi kepedulian terhadap Environmental, Social and Governance (ESG) dan keberlanjutan.

Baca Juga: Kinerja Reksadana Saham Paling Anjlok di Maret 2024, Simak Proyeksi ke Depan
 
“Antusiasme investasi reksa dana di kalangan Generasi Z dan Milenial kian meningkat. Bersamaan pula dengan tren integrasi ESG dan keberlanjutan yang nampak terus mendominasi, membuat kami meyakini bahwa produk reksa dana berbasis ESG dalam tahun-tahun mendatang akan tetap menjadi salah satu produk favorit bagi para investor, terutama generasi muda,” jelas Camar dalam keterangan resminya, Selasa (2/4).
 
Menjawab tren ini, Insight Investments terus memperkuat pengenalan produk reksadana pendapatan tetap Insight Renewable Energy Fund, ini merupakan rekdasana yang memiliki kontribusi terhadap lingkungan, khususnya Energi Baru Terbarukan (EBT).

Camar bilang, lewat produk tersebut, investor secara tidak langsung turut berkontribusi terhadap berbagai kegiatan pengembangan EBT di Indonesia. Ia mengatakan, produk tersebut juga baru saja mendapatkan penghargaan dari ajang Best Mutual Funds Award 2024 yang digelar Infovesta dan Investortrust.id.

Baca Juga: Di Tengah Ekspektasi Pemangkasan Suku Bunga, Instrumen SBN Ritel Tetap Menarik

“Insight Renewable Energy Fund punya track record kinerja positif sejak diluncurkan yang mampu mengalahkan benchmark-nya yakni Infovesta Fixed Income Fund Index (Fig.1).” kata dia. 

Direktur Insight Investments Ria M. Warganda mengatakan, secara total pihak mendapatkan tujuh penghargaan dari ajang Best Mutual Funds Award 2024. Anugerah tersebut memberikan tiga penghargaan terhadap produk Insight Renewable Energy Fund. Selain itu, produk reksadana pasar uang  Insight Money juga mendapatkan 2 penghargaan, serta produk reksadana campuran Insight Plan dan Insight Tunas Bangsa masing-masing satu penghargaan. 

“Tidak lupa, kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Infovesta Utama dan Investortrust.id atas apresiasinya. Dengan adanya penghargaan ini tentu saja akan lebih membantu investor dalam memilih produk investasi yang terbukti memiliki kinerja yang unggul,” lanjutnya.
 
Adapun pemeringkatan reksadana Best Mutual Fund Awards 2024 dilakukan berdasarkan beberapa kriteria penilaian. Untuk kategori jenis reksa dana Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran, dan Saham, terdapat 4 bobot penilaian di antaranya Annual Growth Rate, Risk Adjusted Return, Modified Sharpe Ratio, Downside Risk, dan UP Growth. Sementara untuk kategori ETF dan Indeks dinilai dari bobot tracking rrror dan up growth.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk

Terbaru