HOME

Pindahkan hasil investasi jelang pensiun

Jumat, 15 April 2016 | 13:45 WIB   Reporter: Sri Sayekti
Pindahkan hasil investasi jelang pensiun

JAKARTA. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat menjelang waktu pensiun. Menurut Eko Endarto, perencana keuangan dari Financia Consulting, satu tahun sebelum waktu pensiun tiba, Anda harus memindahkan investasi yang sudah dipersiapkan ke produk yang mudah dicairkan yakni deposito dan tabungan.

Tujuannya, agar saat benar-benar pensiun, akan mudah bagi Anda untuk menarik dana untuk kehidupan sehari-hari.

Sedangkan Aidil Akbar, perencana keuangan dari Akbar Financial Check Up, berpesan agar dana pensiun yang sudah diinvestasikan pada produk seperti saham atau reksadana saham, jangan langsung seluruhnya dipindahkan. “Sebagian saja yang dipindahkan, sedang sebagian lainnya tetap diinvestasikan, karena kalau diambil semua, nilai uang akan turun,” jelas Aidil.

Biasanya saat menjelang usia pensiun tiba, klien yang memakai jasa perencana keuangan akan berkonsultasi untuk membahas alokasi  dana pensiun yang perlu dipindahkan dan yang tetap diinvestasikan. “Harus dihitung target imbal hasil investasi yang diharapkan dan disesuaikan dengan profil risiko investor,” kata Aidil.

Saat konsultasi inilah akan dihitung berapa proporsi yang tepat untuk memindahkan investasi dana pensiun ke deposito  atau tabungan dan yang tetap dipertahankan sebagai investasi. “Jika dana sudah dicairkan semuanya, bisa terjadi risiko tidak cukup untuk membiayai sepanjang masa hidup seusai pensiun,” imbuh Aidil.

Jadi, harap diingat satu tahun sebelum Anda memasuki masa pensiun, langkah-langkah pemindahan dana pensiun  telah Anda lakukan dengan perhitungan yang cermat. Jangan melakukannya mepet-mepet waktu pensiun.

Editor: Harris Hadinata


Terbaru