Manajemen Utang

Merasa mulai kesulitan bayar cicilan utang usaha, simak saran anti gagal bayar ini

Selasa, 26 November 2019 | 14:21 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati

ILUSTRASI. Ilustrasi. Pendapatan usaha mulai menurun, berpotensi gagal bayar cicilan utang usaha.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sah-sah saja Anda mengajukan utang usaha untuk ekspansi bisnis. Namun, Anda harus mengambil langkah cepat saat resiko gagal bayar sudah di depan mata.

Setiap pengusaha pasti mempunyai keinginan untuk mengembangkan bisnis. Saat modal usaha cekak, mau tidak mau Anda mengajukan kredit usaha untuk mewujudkan impian tersebut.

Baca Juga: Agar bisnis maju, pisahkan rekening usaha dan pribadi

"Boleh saja mengajukan utang untuk ekspansi bisnis asalkan jelas tujuannya dan bisa mencicilnya," kata Mike Rini Sutikno, Financial Planner Mitra Rencana Edukasi.

Untuk bisa mencicil utang tersebut, Anda harus membuat proyeksi pendapatan usaha pasca pengembangan. Selain itu, Anda juga harus mempunyai dana cadangan untuk membayar utang di empat sampai lima bulan pertama.

"Saat Anda salah membuat perhitungan maka potensi gagal bayar bisa terjadi," kata Budi Rudianto, Financial Planner OneShildt.

Selain itu, potensi gagal bayar juga dapat terjadi bila pendapatan usaha mengalami penurunan. Jadi, sebaiknya Anda memantau kondisi bisnis secara rutin, untuk mengetahui kondisi keuangannya.

Bila lalai dan mengalami gagal bayar, Anda bakal dibuat stres karena harus menghadapi para depkolektor.

Anda pasti tidak inginkan dikejar-kejar para penagih utang setiap hari. Jadi, Anda wajib segara ambil langkah bila mulai merasa kesulitan membayar kredit usaha.  

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.
gopay
Editor: Tri