Memilih Bisnis online atau offline, simak kelebihan dan kekurangannya

Rabu, 28 Juli 2021 | 14:31 WIB   Reporter: Dikky Setiawan
Memilih Bisnis online atau offline, simak kelebihan dan kekurangannya

ILUSTRASI. E-commerce. 

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.Tak dapat dipungkiri, wabah pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia, memberikan dampak besar bagi sektor usaha di berbagai negara. Tak terkecuali sektor usaha di Indonesia. 

Namun demikian, pandemi virus asal Wuhan, China itu tidak hanya menimbulkan dampak negatif bagi dunia usaha. Ada sisi positif yang ditimbulkan dari pandemi covid-19. Salah satunya adalah memberikan peluang bagi sektor bisnis berbasis digital atawa online. 

Menurut Sanderson The, perencana keuangan dari Ascort Asia Group, model bisnis online bisa dilakukan kapan dan di mana pun. Anda tidak perlu repot keluar rumah untuk menawarkan produk. Singkatnya, model bisnis ini tidak dibatasi oleh waktu dan tempat.

Baca Juga: Mau Memulai Usaha Lewat Online atau Offline? Simak Dulu Tips Ini

Yang dibutuhkan hanya koneksi internet yang baik. Bahkan, dengan bantuan internet, Anda bisa memasarkan produk atau jasa Anda kepada orang lain, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di pasar luar negeri.

Selain itu, bisnis online bisa dijalankan dengan modal kecil. Anda tidak perlu menyewa tempat usaha, membeli perlengkapan yang mahal, dan berbagai keperluan lain yang biasanya dibutuhkan dalam bisnis riil.

"Kalau membuka bisnis offline, butuh modal lumayan karena display barang harus ada dan ditampilkan di dalam toko," kata Sanderson.

Sanderson menambahkan, melalui kanal online, semua produk dan jasa bisa ditawarkan. Berbeda halnya dengan kanal offline.

Menurutnya, hanya ada beberapa jenis produk yang cocok dipasarkan lewat jalur offline. Antara lain, barang kebutuhan sehari-hari dan yang sifatnya perlu skill atau kualifikasi tertentu, tapi belum dikenal luas di masyarakat.

Editor: Dikky Setiawan
Terbaru