Mau investasi berlian, simak persiapan yang perlu dilakukan

Kamis, 19 September 2019 | 23:10 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Mau investasi berlian, simak persiapan yang perlu dilakukan

ILUSTRASI. Berlian di toko perhiasan


INVESTASI - JAKARTA. Mahar pernikahan cicin berlian, ibu-ibu sosialita juga arisan berlian. Maklum saja, batu permata ini memang sedang digandrungi oleh masyarakat.

Sebagian dari mereka rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk memiliki cicin berlian idaman. Bentuknya yang cantik membuat batu permata ini dijadikan perhiasan oleh si empunya.

Baca Juga: Yuk, mengenal profil emas sebagai produk investasi

Selain dijadikan perhiasan, mereka menyimpan berlian untuk dijadikan investasi. Maklum saja, si batu cantik ini menawarkan harga jual yang fantastis. Dengan catatan, berlian bersetifikat, unik, dan dalam keadaan baik.   

Budi Rahajo, Finansial Planner OneShildt menjelaskan berlian masuk dalam kelompok investasi alternatif. Karena, masyarakat membeli batu permata ini karena suka.  

"Jadi, berlian ini hanya cocok dijadikan investasi jangka panjang sekali," kata Budi.

Widya Yuliarti, Finansial Planner Finansialku.com sepakat dengan Budi. Dia mengatakan investasi berlian tidak dapat dijadikan dana darurat bak keping emas.

Alasannya, sifat batu berlian tidak cukup liquid alias tidak mudah dijual. "Si pemilik hanya dapat menjualnya ke toko tertentu atau orang yang mengerti agar mendapatkan harga bagus," kata Widya.

Baca Juga: Ingin kasih mahar keping emas, begini cara mendapatkan di Bukalapak

Mereka sepakat para investor pemula wajib melakukan beberapa persiapan sebelum mulai berinvestasi berlian. Tujuannya, agar mereka tidak sampai merugi.

Nah, apakah Anda juga tertarik membeli berlian untuk investasi ? sebelumnya, persiapankan diri Anda dengan hal berikut.   

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru