Uang

Kurs dollar rupiah hari ini: Coba tembus level di bawah Rp 14.000

Jumat, 19 Juni 2020 | 05:05 WIB   Reporter: Intan Nirmala Sari
Kurs dollar rupiah hari ini: Coba tembus level di bawah Rp 14.000

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kurs dollar rupiah hari ini mencoba menembus level di bawah Rp 14.000, setelah kemarin rupiah di pasar spot menguat tipis 0,04% ke level Rp 14.078 per dollar AS dari penutupan sebelumnya. 

Sementara pada kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), nilai tukar rupiah menguat 0,34% menjadi Rp 14.186 per dollar AS dibanding sehari sebelumnya.

"Hari ini penguatan tipis lagi seperti kemarin, dengan kisaran Rp 14.000 per dolar AS hingga Rp 14.100 per dolar AS," kata Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra, Kamis (18/6).

Baca Juga: BI yakin rupiah ada di kisaran Rp 14.000-Rp 14.600 per dolar AS pada akhir tahun ini

Sentimen yang bakal menopang penguatan rupiah hari ini datang dari keputusan Bank Indonesia (BI) yang memangkas suku bunga acuan. Pemangkasan ini sesuai dengan ekspektasi pasar.

Soalnya, pengguntingan suku bunga acuan bisa membantu meningkatkan aktivitas ekonomi Indonesia. "Namun, faktor penggerak rupiah bukan BI saja, karena rupiah masih sangat rentan dengan faktor dari luar," ujar Ariston.

Saat ini, dia menjelaskan, sentimen global masih tarik ulur antara sentimen positif dan negatif, sehingga mata uang garuda belakangan cenderung bergerak tipis. 

Baca Juga: Banyak tekanan, kurs rupiah bisa menguat tipis di akhir pekan

Meskipun begitu, dengan pembukaan ekonomi kembali oleh banyak negara di tengah pandemi virus corona baru, akan memberikan sentimen positif ke pasar, termasuk era new normal di Indonesia.

Sentimen ketegangan geopolitik di Asia

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru