Rumah Tangga

Keuangan bisa menjadi biang perceraian, pengantin baru bisa mencegah sedari dini

Sabtu, 06 Juli 2019 | 08:25 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Keuangan bisa menjadi biang perceraian, pengantin baru bisa mencegah sedari dini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jika Anda pengantin baru, sebaiknya Anda dan pasangan mulai membuat rancangan keuangan rumah tangga. Agar hidup Anda dan pasangan bahagia di masa depan.

Umumnya pasangan yang baru menikah terbuai dengan keinginan untuk liburan romantis. Ada pula sebagian dari mereka yang senang shopping dan makan romantis di restoran mewah.

Apakah Anda sedang melakukan hal-hal tersebut? Bila iya, harap segera hentikan.

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com, menyarankan pasangan yang baru menikah membuat rencana keuangan bersama.

Alasannya jelas, mereka akan dihadapkan dengan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi di masa depan. Misalnya, mereka harus menanggung biaya kelahiran anak, biaya sekolah anak, membeli rumah, serta berbagai kebutuhan lain.

"Bila dana tersebut tidak disiapkan mulai dari sekarang, Anda akan kesulitan membayar tagihan itu," katanya kepada Kontan.co.id.

Fitri Yuliarti, Financial Planner One Shildt, menyarankan setiap pasangan harus terbuka ketika membuat rancangan keuangan.

Rancangan keuangan bisa membantu pasangan rumah tangga untuk mengambil keputusan yang tidak berat sebelah. Keputusan bersama demi masa depan keluarga bisa lebih objektif. 

Bila Anda belum terbiasa membuat rancangan keuangan rumah tangga, berikut ini beberapa kiat untuk Anda dan pasangan memulai merancang keuangan rumah tangga.

Editor: Tri

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay


Terbaru