Ini 4 Tips Membeli Mobil Baru Secara Cash

Kamis, 07 Juli 2022 | 16:01 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ini 4 Tips Membeli Mobil Baru Secara Cash

ILUSTRASI. Membeli mobil baru secara cash.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Membeli mobil bukanlah tujuan keuangan yang wajib dicapai. Masih ada tujuan-tujuan keuangan lainnya yang termasuk kebutuhan dan wajib mendapat perhatian.

Nah, bagi masyarakat yang memiliki dana berlebih terkadang dihadapkan kebingungan antara membeli mobil secara kredit atau tunai. 

Salah satu alasan orang enggan membeli mobil secara kredit adalah tingginya biaya yang harus dibayarkan dan terbebani hutang. 

Apalagi saat ini masyarakat memiliki banyak pilihan dalam mendapatkan kendaraan yang lebih terjangkau melalui LCGC (Low Cost Green Car) mulai dari Rp 100 jutaan. Sehingga, masih bisa dibeli oleh masyarakat secara tunai atau cash. 

Lantas, apa saja tips membeli mobil baru secara cash?

Baca Juga: China Siapkan Paket Insentif untuk Mengangkat Pasar Otomotif

Tips membeli mobil baru secara cash atau tunai

Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal, berikut adalah tips membeli mobil baru secara cash dari Benny Fajarai, Co-Founder dari Lifepal.co.id:

1. Selama setahun, sisihkan 50 persen penghasilan setiap bulannya 

Menyisihkan Rp 10 juta tiap bulannya buat ditabung sebagai modal buat beli mobil bisa cukup mudah dilakukan bagi mereka yang memiliki penghasilan Rp 20 juta per bulan. Namun, bagi Anda yang nilai penghasilannya belum mencapai angka tersebut bisa mencari second income atau menabung sesuai kemampuan.

2. Asal sabar, sisihkan Rp3 juta tiap bulannya

Bagi yang penghasilan per bulan tidak sampai Rp 20 juta, Anda jangan pesimis dulu. Masih ada tips membeli mobil baru secara cash lainnya. 

Tips membeli mobil tersebut adalah menyisihkan Rp 3 juta tiap bulan. Nabung Rp 3 juta per bulan bisa mewujudkan impianmu membeli mobil baru asalkan Anda sabar menyisihkan Rp 3 juta tersebut selama tiga tahun lebih.

Baca Juga: Periksa Harga Mobil Honda City Hatchback Terkini per Juli 2022

3. Sisihkan 1 juga tiap bulan

Kalau Rp 3 juta masih dirasa berat, Anda bisa menyisihkan Rp 1 juta per bulannya agar bisa membeli mobil baru secara cash.

Intinya, Anda bisa menabung berapapun demi bisa membeli mobil baru secara tunai. Serta tergantung seberapa lama Anda menyisihkannya. 

4. Jual aset yang memungkinkan 

Jika Anda punya banyak aset warisan, bisa dijual jika memang merasa mobil menjadi kebutuhan yang tidak bisa lagi ditunda. Aset yang dijual dapat berupa tanah atau rumah. 

Namun, bukan berarti rumah yang kini ditempati sekarang dijual. Jual saja aset tanah ataupun bangunan yang selama ini tidak terurus. 

Sebelum menjual, cari tahu dulu harga jual tanah atau bangunan dengan menggunakan NJOP sebagai dasar perhitungan. Misalnya saja aset-aset yang dijual tidak tembus Rp 100 jutaan, mau tidak mau harus bersabar menunggu nilai jualnya naik.

Demikian tips membeli mobil baru secara tunai atau cash yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru