Dana pensiun tak cuma penting bagi pekerja, pebisnis pun butuh

Selasa, 03 Desember 2019 | 14:41 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Dana pensiun tak cuma penting bagi pekerja, pebisnis pun butuh

ILUSTRASI. Ilustrasi. Dana yang disisihkan pengusaha sebagai dana pensiun.


DANA PENSIUN - JAKARTA. Dana pensiun untuk diri sendiri perlu menjadi perhatian seorang pengusaha. Jangan sibuk mengembangkan usaha saja, Anda perlu menyiapkan dana pensiun sejak dini agar hidup tenang di masa tua.

Mike Rini Sutikno, Financial Planner Mitra Rencana Edukasi mengatakan dana pensiun sangat penting untuk dimiliki semua kalangan termasuk pengusaha.

Baca Juga: Hindari merugi, ini 4 poin yang harus diketahui sebelum berinvestasi properti

Dana pensiun penting bagi seorang pengusaha karena tidak mungkin menjalankan usaha seumur hidupnya. Pengusaha membutuhkan pasif income untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ketika masa pensiun datang.

Asal tahu saja, dana pensiun ini dapat dijadikan bekal ketika usaha tak lagi bergairah saat masa pensiun tiba. Dengan begitu, Anda dan keluarga tetap dapat hidup nyaman.

Berbeda dengan karyawan, pengusaha wajib menentukan dan mengelola dana pensiun sendiri. Agar sesuai dengan harapan, pengusaha harus cermat dalam mengelola modal pensiun.

Agustina Fitria, Financial Planner OneShildt mengatakan ada strategi khusus bagi seorang pengusaha dalam menyiapkan dana pensiun.  

  • Tentukan masa pensiun
  • Buat rancangan pengeluaran bulanan saat jadi pensiunan  
  • Pilih produk investasi yang legal

Tentukan masa pensiun

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk merencanakan dana pensiun adalah menentukan masa pensiun. Fitria menyarankan Anda bisa menentukan masa pensiun paling lampat 10 tahun sebelumnya.

Alasannya, tenggang waktu tersebut masih memungkinkan Anda memiliki dana pensiun yang cukup sebagai bekal menjalani masa pensiun.

Berbeda dengan Mike, dia menyarankan menentukan masa pensiun sedini mungkin. Dengan begitu Anda bisa mengumpulkan aset dana pensiun dalam waktu cukup lama, sehingga Anda tidak harus ngoyo untuk menyisihkan dana sebagai modal pensiun.

Baca Juga: Ogah cuma makan mi instan di akhir bulan, mahasiswa kudu cermati uang saku

"Harapannya, modal pensiun dapat berkembang besar bersamaan dengan berkembangnya usaha," kata Mike.

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru