CLOSE [X]

Cara mengoptimalkan manfaat paylater, jangan hanya untuk belanja

Kamis, 22 Juli 2021 | 08:30 WIB   Reporter: Francisca Bertha Vistika
Cara mengoptimalkan manfaat paylater, jangan hanya untuk belanja

ILUSTRASI. Cara mengoptimalkan manfaat paylater


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Layanan paylater kini semakin banyak disediakan marketplace. Selain untuk membayar uang belanjaan, kita bisa mengoptimalkan penggunaan paylater. Simak keuntungan lain menggunakan paylater selain membayar belanjaan.

Fiitur paylater pada beberapa marketplace harus dimanfaatkan dengan bijak. Di antaranya bisa digunakan untuk modal bisnis atau kebutuhan yang mendesak.

Andy Nugroho, perencana keuangan Advisor Alliance Group Indonesia seperti dikutip dari Tabloid KONTAN mengatakan paylater ini bisa memberikan keuntungan besar jika digunakan untuk modal bisnis. Asalkan memang hasil usaha bisa menutupi bunganya dan mendapatkan margin yang sesuai harapan.

Dirinya juga berasumsi bahwa pemanfaatan paylater lebih pada alternatif terakhir ketika butuh dana darurat. Ada beberapa orang yang menggunakannya sebagai tambahan modal bisnis jangka pendek. ”Penggunaanya untuk darurat dan produktif,” kata Andy kepada Tabloid KONTAN. 

Baca Juga: Perhatikan Kemampuan Bayar Paylater, Jangan Gali Lubang Tutup Lubang

Sementara untuk dana darurat misalnya ketika ada sanak saudara yang meninggal di luar kota. Paylater bisa digunakan untuk membeli tiket pesawatnya.

Setali tiga uang dengan Andy, Eko Endarto, perencana keuangan Finansia Consulting pun juga berpendapat bahwa penggunaan paylater bisa untuk kebutuhan jualan barang tertentu. Misalnya saja membeli barang lewat marketplace, lantas dijual lagi untuk memperoleh keuntungan.

Sementara untuk darurat, bisa juga digunakan, misalnya, ketika terkena Covid butuh obat dan vitamin sebanyak-banyaknya. Padahal kondisi dana darurat sudah habis untuk menutupi dampak pandemi setahun lebih.

”Untuk urusan hidup dan mati dan terpaksa ya tidak masalah,” kata Eko kepada Tabloid KONTAN.

Eko menegaskan jika memang paylater tidak digunakan untuk kebutuhan atau kondisi yang disebutkan tadi sebenarnya masih sah-sah saja. ”Yang penting mereka memiliki dana untuk mencicilnya atau melunasinya di kemudian hari,” tegas Eko. 

Itulah manfaat lain menggunakan paylater. Jadi, jangan hanya menggunakan paylater sebagai uang untuk membayar belanjaan di marketplace saja.

Selanjutnya: Investor Pemula Hindari Trading Saham, Apalagi Sampai Berhutang

 

                         

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Francisca bertha

Terbaru