Cara Cek Pengeluaran Di Gojek, Jangan Kaget Bila Tembus Ratusan Juta

Sabtu, 05 November 2022 | 09:12 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Cara Cek Pengeluaran Di Gojek, Jangan Kaget Bila Tembus Ratusan Juta

ILUSTRASI. Cara Cek Pengeluaran Di Gojek, Jangan Kaget Bila Tembus Ratusan Juta

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak cara cek pengeluaran Anda di aplikasi Gojek. Jangan kaget bila pengeluaran Anda di aplikasi Gojek dalam setahun menembus jutaan rupiah.

Cara cek pengeluaran di aplikasi Gojek ini sedang menjadi pembicaraan di kalangan netizen. Pasalnya, banyak yang tidak meyangka bahwa jumlah pengeluaran di Gojek menembus angka hingga puluhan dan ratusan juta rupiah.

Tentunya, mengetahui cara cek pengeluaran di Gojek ini bukan untuk ajang pamer bahwa Anda sudah jajan mahal. Namun, mengetahui cara cek pengeluaran di Gojek bisa menjadi bahan evaluasi untuk mendukung program perencanaan keuangan Anda.

Dilansir dari Kompas.com, cara cek pengeluaran di aplikasi Gojek ini sempat trending di Twitter. Dari beberapa twit pengguna, nominal total pengeluaran Gojek yang dibagikan bermacam-macam. Bahkan, ada salah satu akun pengguna @_panski yang membagikan tangkapan layar total pengeluaran Gojek dengan nominal mencapai Rp 166.731.424.

Total pengeluaran Gojek dengan nominal mencapai ratusan juga tersebut didapatkan dalam rentang waktu awal Januari hingga akhir Oktober 2022. Akun tersebut mengaku total pengeluaran Gojek yang dibagikan di Twitter itu bukan milik pribadi, melainkan temannya. Twit dari akun itulah yang barangkali turut meramaikan tren membagikan total transaksi Gojek.

Baca Juga: Ekosistem GOTO Dinilai Sebagai Sektor Defensif dengan Pertumbuhan Tinggi

Selain twit dari @_panski, masih banyak lagi unggahan total pengeluaran Gojek dari pengguna lain yang bisa dijumpai. Bila tertarik untuk mengikuti tren ini, lantas bagaimana cara cek pengeluaran Gojek?

Cara cek pengeluaran Gojek

Cara cek pengeluaran Gojek caranya cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengakses menu profil yang terdapat di aplikasi Gojek.

Pada menu tersebut, bakal terdapat informasi riwayat pemesanan layanan Gojek, seperti Goride, Gocar, Gofood, dan Gosend, yang pernah dilakukan pada kurun waktu tertentu. Riwayat pemesanan layanan itu nanti bisa diunduh.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara cek pengeluaran Gojek:

Cara cek pengeluaran Gojek

  • Buka aplikasi Gojek Klik ikon foto profil untuk mengakses menu “profil”.
  • Selanjutnya, pilih opsi “Pesanan” dan klik ikon “download” yang berada di bagian kanan atas layar aplikasi.
  • Atur rentang waktu riwayat total transaksi Gojek yang ingin dilihat dan diunduh, maksimal bisa mencapai setahun.
  • Terakhir, klik opsi “Download”, lalu data riwayat total transaksi Gojek bakal terunduh dan dapat dicek.

Cukup mudah bukan cara cek pengeluaran Gojek? Pada riwayat total pengeluaran Gojek yang terunduh, terdapat beberapa data yang tercantum, seperti alamat asal-tujuan pengiriman, waktu pemesanan, biaya layanan, dan sebagainya.

Selain itu, tercantum pula data nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail dari pemilik akun Gojek. Dengan adanya data-data sensitif tersebut, hendaknya pengguna tidak membagikan secara sembarangan total riwayat pengeluaran Gojek ke media sosial.

Oleh karena itu, sebelum membagikan total riwayat pengeluaran Gojek ke media sosial untuk mengikuti tren atau sekadar hiburan saja, perlu dipastikan terlebih dahulu tidak ada data sensitif milik pengguna yang tertera dan bisa dilihat oleh orang asing.

Kinerja Goto

Sebenarnya, mengetahui jumlah pengeluaran di aplikasi Gojek yang bisa mencapai ratusan juta tidak mengherankan. Pasalnya, Gojek memang super App dengan berbagai layanan.

Gojek tidak hanya melayani jasa transportasi, tapi juga layanan pembayaran, seperti tagihan listrik, telepon, pulsa, dll. Oleh karena itu, besarnya pengeluaran Gojek dalam setahun bisa saja melewati ratusan juta.

Disisi lain, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sebagai induk Gojek juga mencatatkan jumlah transaksi yang besar.

Khusus pada kuartal kedua tahun 2022 saja, Gross Transaction Value (GTV) GOTO tercatat meningkat 39% menjadi sebesar Rp151 triliun dibandingkan semester pertama tahun 2021. GTV di GOTO adalah total transaksi yang diproses dalam ekosistem GOTO, termasuk di aplikasi Gojek.

Secara total, setengah tahun ini GTV GOTO tercatat sebesar Rp290,5 triliun atau naik 42% dari Rp204,3 triliun pada setengah tahun sebelumnya.

GTV ini turut mendorong peningkatan pendapatan bruto GOTO yang naik signifikan yaitu hampir 100% dari Rp5,37 triliun pada semester I 2021 menjadi Rp10,73 triliun pada semester I 2022. Adapun pendapatan bersih naik 73,3% dari Rp1,96 triliun menjadi Rp3,39 triliun.

Itulah info tentang cara cek pengeluaran Gojek. Jadi berapa jumlah pengeluaran Anda di aplikasi Gojek?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru