Anggaran

​6 Tips hemat belanja perabot rumah tanpa merusak kesehatan finansial

Rabu, 27 Januari 2021 | 12:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​6 Tips hemat belanja perabot rumah tanpa merusak kesehatan finansial

ILUSTRASI. Tips hemat belanja perabot rumah tanpa merusak kesehatan finansial. Foto: Dok.Dekoruma

KONTAN.CO.ID - Bagi pasangan muda yang baru saja membeli hunian, membeli perabot tentu menjadi aktivitas yang sangat menguras dana. 

Ketika dana terkuras, maka upaya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari akan semakin sulit. Hal itu pun bisa berdampak besar pada penurunan kualitas hidup.

Lantas, bagaimana cara tepat berbelanja perabot tanpa mengorbankan kesehatan keuangan? 

Baca Juga: Ingin mencari rumah? Perhatikan 9 syarat rumah sehat berikut ini

6 Cara belanja perabot rumah tanpa merusak kesehatan finansial

Berdasarkan keterangan resmi dari Lifepal, berikut 6 tips belanja perabotan atau peralatan rumah tangga tanpa merusak kesehatan finansial: 

1. Siapkan dana jauh-jauh hari

Jika dana Anda terbatas, maka lakukan perencanaan untuk belanja perabot. Hal yang bisa dilakukan yakni membelinya secara bertahap demi kesehatan keuangan Anda. 

Buat daftar mengenai perabot yang dibutuhkan di berbagai ruangan, dan estimasi harga masing-masing barang tersebut lalu jumlahkan seluruhnya. Ketika jumlah dana yang dibutuhkan untuk membeli perabot sudah diketahui, tentukanlah waktu untuk berbelanja.

Anda bisa membuka rekening baru untuk mengumpulkan dana belanja perabot atau menyisihkan uang 20% dari pendapatan bulanan Anda ke reksadana pasar uang untuk mengumpulkan dana belanja.

Baca Juga: Di tengah pandemi, kredit multiguna perbankan masih melaju

2. Prioritaskan beli yang “dibutuhkan” terlebih dulu

Perabot yang menjadi prioritas biasanya adalah lemari es, kompor, peralatan masak standar, tempat tidur, kasur, lemari baju, berbagai meja pelengkap, dan kursi. 

Mengingat barang-barang tersebut akan sering digunakan dalam jangka panjang, maka belilah yang berkualitas bagus. 

3. Untuk barang elektronik, pakai strategi upgrade jika kekurangan dana

Setiap keluarga memiliki beban keuangan yang berbeda-beda dan mampu membeli peralatan elektronik penting bermerek terkenal dan kualitas nomor satu.

Untuk itu, jika ingin punya peralatan elektronik, bisa dengan membeli yang sesuai dengan dana saat ini. Jika memang penghasilan bertambah dan kondisi keuangan membaik, Anda pun bisa melakukan upgrade ke peralatan elektronik dengan ukuran atau kapasitas lebih besar kalau memang dibutuhkan. 

Baca Juga: PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) Ingin Mencatatkan Pertumbuhan Bisnis 8%-9%

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru