5 Cara Hemat BBM di Tengah Wacana Kenaikan Harga Pertalite

Kamis, 25 Agustus 2022 | 17:55 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Cara Hemat BBM di Tengah Wacana Kenaikan Harga Pertalite

ILUSTRASI. Cara hemat BBM. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan.


HARGA BBM - Pemerintah berencana menaikkan harga bahan bakar minyak atau BBM jenis Pertalite. Berikut ini cara hemat BBM.

Dalam beberapa bulan terakhir terjadi kenaikan harga BBM termasuk untuk pasar di Indonesia yang disebabkan oleh kenaikan harga minyak bumi.

Hal ini membuat BBM jenis Pertalite menjadi salah satu jenis bahan bakar yang banyak diminati masyarakat lantaran harganya di bawah harga pasar.

Namun, perlu diketahui bahwa harga Pertalite yang masih tergolong murah lantaran BBM jenis ini mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Tetapi, saat ini terdapat wacana dari pemerintah untuk menyesuaikan harga BBM jenis Pertalite yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. 

Penyesuaian atau kenaikan harga Pertalite tersebut diharapkan dapat menahan subsidi konsumsi penggunaan BBM dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang tahun ini mencapai Rp 502,4 triliun.

Baca Juga: Menakar Kekuatan APBN Jika Dana Subsidi Bertambah Hingga Rp 700 Triliun

Sayangnya, kenaikan harga Pertalite ini akan berpengaruh terhadap masyarakat Indonesia lantaran ada pembengkakan biaya ongkos kendaraan yang lebih besar untuk konsumsi BBM. 

Untuk itu, ada sejumlah cara hemat BBM untuk membantu mengurangi pembengkakan biaya ongkos kendaraan jika harga Pertalite naik. 

Lantas, seperti apa cara hemat BBM tersebut? 

Baca Juga: Gerus Daya Beli, Fraksi Partai Gerindra Tolak Kenaikan Harga BBM

Tips dan cara hemat BBM jika harga Pertalite naik 

Cara hemat BBM

Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal.co.id sebagai salah satu insurance marketplace di tanah air, berikut cara hemat BBM dari Benny Fajarai, Co-Founder Lifepal.co.id:

1. Jaga kecepatan kendaraan secara konstan

Jaga kecepatan kendaraan secara konstan adalah salah satu cara hemat BBM. Agar bahan bakar kendaraan tetap irit, sebaiknya kendarai kendaraan dengan hati-hati dan tidak perlu agresif.

Hindari terlalu menekan pedal gas, menginjak pedal gas seperlunya bisa membuat bahan bakar jadi lebih irit dan terkontrol.

Sebaiknya hindari juga kebiasaan mengerem mendadak atau mengendarai dengan kecepatan tinggi karena bisa membuat bahan bakar cepat habis. Tak ada salahnya untuk mencoba mengatur kembali kecepatan mengemudi Anda.

Intinya, tetap jaga laju kendaraan konstan atau tidak berubah drastis untuk menghemat bahan bakar. Hal ini pun akan membantu Anda lebih aman berkendara di jalan.

Baca Juga: Jika Harga BBM Tak Naik, Sri Mulyani: Subsidi Energi Bisa Lampaui Anggaran Pendidikan

2. Periksa keadaan ban sebelum berkendara

Sebelum berkendara, pastikan juga untuk melihat tekanan angin ban. Jika tekanannya rendah atau ban kempis, segera isi angin.

Namun, bila terjadi kebocoran jangan ragu untuk segera mengganti ban. Sama halnya pada ban mobil yang botak, sebaiknya Anda tidak menunggu terlalu lama untuk menggantinya dengan yang baru.

3. Rencanakan rute terbaik

Sebelum memulai berkendara sebaiknya Anda merencanakan dulu tujuan dan rute yang terbaik. Selain dapat melihat keadaan lalu lintas, Anda juga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar yang disebabkan kemacetan maupun salah jalan.

Baca Juga: Anggaran Subsidi Terancam Bengkak Jadi Rp 700 Triliun Jika Harga Pertalite Tak Naik

4. Rawat mobil dengan rutin

Anda juga bisa mengurangi penggunaan bahan bakar dengan melakukan perawatan mobil secara rutin. Lakukan pengecekan secara berkala dan pembersihan pada berbagai komponen untuk memastikan tidak ada kotoran, endapan, atau hal-hal lain yang dapat menghambat kinerja mesin.

5. Gunakan bahan bakar yang tepat

Untuk menghindari BBM boros pada mobil injeksi adalah dengan mengikuti rekomendasi produsen mobil untuk menggunakan bahan bakar dengan RON minimal 90 (contohnya Pertalite) atau 92 (contohnya Pertamax).

Beberapa mobil bahkan ada yang disyaratkan untuk menggunakan bensin dengan minimum RON 95, sebaiknya kamu ikuti rekomendasi
ini.

Demikian sejumlah tips dan cara menghemat BBM di tengah wacana kenaikan harga Pertalite.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru