: WIB    --   
indikator  I  

Mengenal berbagai layanan mobile banking

Mengenal berbagai layanan mobile banking

JAKARTA. Dulu, banyak orang yang mengandalkan automatic teller machine (ATM) untuk melakukan transaksi keuangan. Tapi sekarang, seiring kebutuhan mobilitas yang tinggi, masyarakat membutuhkan layanan yang lebih praktis ketimbang harus pergi ke ATM.

Jawabannya adalah dengan mobile banking. Ini seiring dengan pertumbuhan pasar smartphone yang besar di Indonesia.  Maka, tak heran jika bank-bank berlomba menyediakan layanan mobile banking demi menjaring nasabah.

Misalnya saja ada Bank CIMB NIaga yang memiliki layanan Go Mobile. Selain itu, Bank Central Asia juga memiliki layanan serupa bernama m-BCA.

Fitur yang tersedia pada layanan mobile banking cukup beragam.

Sekadar contoh, mobile banking BCA mencakup empat layanan utama. Pertama, m-BCA dengan fitur layanan m-info, m-transfer, m-Payment, m-Commerce, m-Admin.

Kedua, KlikBCA dengan fitur layanan pembelian, pembayaran, pembayaran ecommerce, transfer dana, informasi rekening, administrasi. Ketiga, info BCA dengan fitur BCA Promo, Mini Galery, Aplikasi Online, lokasi cabang dan ATM BCA, reward BCA, sambungan langsung ke Halo BCA via telepon.

Keempat, Info Flazz (khusus smartphone Android dengan Near Field Communication) dengan fitur informasi saldo, informasi 10 transaksi terakhir. “Dari berbagai jenis layanan mobile banking yang paling banyak diakses di m-BCA oleh nasabah adalah transaksi cek saldo dan transfer,’’ ujar Ina Suwandi, Kepala Divisi Pengembangan Dana dan Jasa BCA.

Menurut Ina, BCA Mobile memiliki beberapa keunggulan. Misalnya, pengguna tidak perlu berganti SIM Card dan nasabah bisa lebih hemat karena tak perlu ke ATM untuk bertransaksi. Pengguna juga bisa menyimpan daftar pembayaran yang dilakukan lewat ponsel.

Lain halnya dengan layanan Go Mobile dari CIMB Niaga. Bagi nasabah CIMB Niaga yang masih memakai ponsel standar, CIMB Niaga tetap mengakomodasi untuk bisa menikmati layanan Go Mobile yakni dengan cara nasabah mengakses melalui SMS. “Fitur transfer dan pembeli pulsa paling sering dipakai oleh nasabah CIMB Niaga pada layanan Go Moblile,” jelas Bambang Karsono Adi, Head of Digital Banking, Branchless & Partnership Bank CIMB Niaga.

Layanan yang tercakup dalam Go Mobile adalah transfer, isi pulsa dan pembayaran tagihan. Menurut Bambang, peluncuran Rekening Ponsel pada tahun 2013 sebagai emoney pertama di Asia menjadi salah satu momentum bagi CIMB Niaga untuk semakin giat memasarkan Go Mobile, di mana Rekening Ponsel dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui Go Mobile.

Rekening Ponsel adalah salah satu inovasi CIMB Niaga yang bertujuan memudahkan nasabah bertransaksi dengan menggunakan semua jenis ponsel dan semua provider seluler d Indonesia.

Ada tiga keunggulan Rekening Ponsel. Salah satunya, nasabah dapat mengirim dan menerima uang dari nasabah lain, hanya dengan menggunakan nomor telepon. Selain itu, ada dompet elektronik yang dapat menyimpan saldo dan terhubung dengan nomor ponsel. Nah, pengguna Rekening Ponsel tidak memerlukan rekening bank karena cukup dengan menggunakan nomor ponsel untuk melakukan pembayaran dan transfer.


Reporter Sri Sayekti
Editor Harris Hadinata

MOBILE BANKING

Feedback   ↑ x
Close [X]