Berhemat saat gaji tak lagi tetap

Jumat, 26 Agustus 2016 | 11:11 WIB   Reporter: Melati Amaya Dori
Berhemat saat gaji tak lagi tetap


JAKARTA. Anda sudah tidak tahan bekerja di kantor saat ini? Pertimbangkan masak-masak sebelum memutuskan resign.

Sebelum memutuskan resign dari pekerjaan dengan gaji tetap, sebaiknya Anda sudah memiliki visi mengenai keuangan pribadi dan keluarga di masa depan. Jika tidak, bisa jadi pendapatan Anda setiap bulannya hanya menjadi alat tambal sulam biaya hidup.

Memang, saat menjadi pekerja lepas atau menjalankan bisnis sendiri, pendapatan yang diterima belum tentu lebih sedikit ketimbang gaji saat masih menjadi karyawan. Tetapi, karena sifatnya yang tidak tetap, Anda perlu lebih bijak mengelola pendapatan.

Saat Anda menerima honor, jangan lantas tergoda untuk menghabiskannya. Apalagi jika honor tersebut nilainya sangat besar.

Perencana keuangan Janus ID Farah Dini Novita bilang, bila Anda menerima honor lebih besar dari gaji saat bekerja, alokasikan pendapatan tadi untuk pengeluaran beberapa bulan, minimal dua bulan berturut. Ini akan memperkuat kondisi kas Anda.

Bila ada masa di mana Anda tidak menerima pendapatan sama sekali, Anda bisa memanfaatkan dana darurat. “Dengan catatan, begitu ada pendapatan lagi, buat prioritas untuk mengganti dana darurat yang terpakai,” cetus Rakhmi Permatasari, perencana keuangan Safir Senduk & Rekan.

Selain itu, pandai-pandailah mengatur keuangan keluarga. Ini penting bila Anda memiliki rencana keuangan seperti liburan bersama keluarga atau naik haji. Persiapkan dana untuk rencana keuangan tersebut sejak jauh-jauh hari.

Setelah dana darurat terpenuhi dan pendapatan cukup stabil, Anda bisa mengalokasikan pendapatan untuk investasi dana pensiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Harris Hadinata

Terbaru