Anggaran

Yakin, nih, Ovo, Gopay, Linkaja, dan lainnya bikin Anda hemat?

Kamis, 10 Oktober 2019 | 14:01 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati

ILUSTRASI. Promo aplikasi GOPAY dan OVO

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ovo, Gopay, Dana, Linkaja, dan e-wallet lainnya bisa menggerus saldo tabungan ketika Anda tidak cermat menggunakannya. Sudah bijakkah Anda menggunakan aplikasi tersebut ?

"Saya jadi makin boros setelah menggunakan e-wallet karena jadi pengen jajan terus," cerita Tiara Sutari.

Baca Juga: Ingin punya iPhone 11, ini cara membeli tanpa berutang

Dompet elektronik seperti Ovo, Gopay, Dana, Linkaja memang bisa jadi pisau bermata dua. Saldo tabungan bisa amblas bila Anda tidak cermat menggunakannya. Namun, ketika Anda bijak menggunakan aplikasi financial technology (fintech) itu, isi dompet jadi lebih awet.  

Maklum saja, seluruh aplikasi fintech tersebut getol menawarkan diskon hingga cashback. Selain itu, e-wallet menawarkan kemudahan bertransaksi, Anda cukup memindai kode QR tagihan pun sudah terbayar. Jadi, Anda tidak perlu menyimpan uang tunai dalam jumlah besar di dalam dompet.

Budi Rudianto, Financial Planner OneShildt mengatakan kemudahan bertransaksi dan promo tersebut mendorong Anda untuk terus berbelanja.

Karena melihat banyak promo, Anda jadi membeli barang tanpa perencanaan. Atau, Anda membeli barang yang tidak terlalu diperlukan.

"Otak manusia mudah terpengaruh dengan diskon, membuat mereka kurang bijak untuk membelanjakan uang," jelas Budi. Hal ini menjadi salah satu penyebab keuangan Anda bocor.

Baca Juga: Harga emas Antam hari Ini naik, ini kalkulasi untung-rugi yang benar (10/10)

Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com mengatakan Anda wajib mengkontrol aktivitas transaksi menggunakan e-wallet. Agar keuangan Anda tetap sehat saat menjelang akhir bulan.

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.
gopay
Editor: Tri