Viral uang koin kelapa sawit dijual mahal, ini keistimewaannya

Kamis, 18 Juni 2020 | 17:04 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
Viral uang koin kelapa sawit dijual mahal, ini keistimewaannya

ILUSTRASI. Koin Kelapa Sawit keluaran Bank Indonesia Tahun 1993


UANG LOGAM - JAKARTA. Viral kabar uang koin lama bergambar kelapa sawit pecahan Rp 1.000 kembali menyita perhatian netizen selama beberapa hari terakhir.

Kabar menghebohkan tentang harga uang koin kelapa sawit keluaran Bank Indonesia (BI) ini bermula dari penawaran harga koin yang melebihi nilai nominal di beberapa situs perdagangan online. Segera harga mahal koin lama terbitan tahun 1993 ini pun viral, terutama di medsos.

Sampai Kamis pagi (18/6) KONTAN.co.id masih mendapati para pedagang di beberapa pasar daring menawarkan uang koin kelapa sawit dengan harga fantastis. Pecahan uang logam yang memiliki nilai nominal Rp 1.000 per keping itu mereka tawarkan dengan harga sampai jutaan kali lipat.

Baca Juga: Uang koin kelapa sawit viral kelewat mahal, uang logam BI ini istimewa

Di situs Bukalapak, harga penawaran tertinggi uang koin kelapa sawit ini ini mencapai Rp 1,4 miliar untuk 100 keping! Di toko online sebelahnya, Tokopedia, harga tertinggi beberapa pedagang mencapai Rp 100 juta per keping.

Banyak sekali pedagang yang menawarkan uang koin kelapa sawit dengan harga lebih murah, tapi ya tetap saja termasuk mahal, misalnya Rp 20-an juta per keping.

Jelas tawaran mahal sekeping koin uang logam seharga mobil Toyota Alphard tersebut tidak wajar. Uang koin kelapa sawit belum bisa dibilang pecahan logam yang langka. Kita bisa menguji kelangkaannya dari lapak-lapak perdagangan daring juga.

Di Tokopedia dan Bukalapak, ambil contoh, banyak pedagang menjual uang koin kelapa sawit ini dengan harga cuma Rp 2.000-an per keping. Tak jarang pula pedagang yang menawarkan harga grosiran saking banyak persediaan mereka.

Viral Uang Koin Kelapa Sawit Berulang

Selanjutnya >>

Editor: Hasbi Maulana

Terbaru