HOME

Uang koin kelapa sawit viral kelewat mahal, uang logam BI ini istimewa

Kamis, 18 Juni 2020 | 07:37 WIB   Reporter: Hasbi Maulana
Uang koin kelapa sawit viral kelewat mahal, uang logam BI ini istimewa

ILUSTRASI. Koin Kelapa Sawit keluaran Bank Indonesia Tahun 1993

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Uang koin lama bergambar kelapa sawit pecahan Rp 1.000 lagi-lagi menjadi perbincangan hangat di jagat internet selama beberapa hari terakhir.

Kabar menghebohkan tentang harga uang koin kelapa sawit keluaran Bank Indonesia (BI) ini bermula dari penawaran harga koin yang melebihi nilai nominalnya di beberapa situs perdagangan dalam jaringan (daring) alias online. Segera harga mahal koin lama terbitan tahun 1993 ini pun menjadi viral, terutama di jalur media sosial (medsos).

Sampai Kamis pagi (18/6) KONTAN.co.id masih mendapati para pedagang di beberapa pasar daring menawarkan uang koin kelapa sawit dengan harga fantastis. Betapa tidak, pecahan uang logam yang memiliki nilai nominal Rp 1.000 per keping itu mereka tawarkan dengan harga sampai jutaan kali lipat.

Baca Juga: Bukan lagi dongeng, harta karun di Amerika akhirnya ditemukan

Di situs Bukalapak, misalnya, harga penawaran tertinggi uang koin kelapa sawit ini ini mencapai Rp 1,4 miliar untuk 100 keping! Di toko online sebelahnya, Tokopedia, harga tertinggi yang ditawarkan beberapa pedagang mencapai Rp 100 juta per keping.

Banyak sekali pedagang yang menawarkan uang koin kelapa sawit dengan harga lebih murah, tapi ya tetap saja termasuk mahal, misalnya Rp 20-an juta per keping.

Jelas tawaran mahal sekeping koin uang logam seharga mobil Toyota Alphard tersebut tidak wajar. Uang koin kelapa sawit belum bisa dibilang pecahan logam yang langka. Kita bisa menguji kelangkaannya dari lapak-lapak perdagangan daring juga.

Di Tokopedia dan Bukalapak, ambil contoh, banyak pedagang menjual uang koin kelapa sawit ini dengan harga cuma Rp 2.000-an per keping. Tak jarang pula pedagang yang menawarkan harga grosiran saking banyak persediaan mereka.

Viral Uang Koin Kelapa Sawit Terjadi Berulang

Kolektor sekaligus penjual uang kuno asal Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sutomo, menganggap para penjual yang menawarkan uang koin Kelapa Sawit dengan harga puluhan juta itu asal-asalan. "Harga bertebaran di internet banyak yang asal posting saja," kata Sutomo kepada Tribunnews, Senin(15/6/2020).

"Mustahil jika harganya jutaan. Sementara uang yang sudah puluhan tahun aja, kenaikannya tidak terlalu signifikan," imbuhnya.

Viral harga mahal uang koin kelapa sawit bukan baru kali ini terjadi. Penelusuran KONTAN.co.id terhadap berita-berita lama, hampir setiap tahun selama beberapa tahun terakhir selalu muncul kabar penawaran harga koin kelapa sawit di luar kewajaran.

Editor: Hasbi Maulana


Terbaru