HOME

Tiga kesalahan mengelola keuangan yang harus dihindari saat usia 30-an

Sabtu, 11 Januari 2020 | 12:25 WIB Sumber: CNBC
Tiga kesalahan mengelola keuangan yang harus dihindari saat usia 30-an

ILUSTRASI. Ilustrasi investasi dan trading.

KONTAN.CO.ID -  Ketika seseorang telah memasuki usia 30 tahun, maka setiap keputusan financialnya sangat berdampak pada kehidupan masa depannya.  Karena itu, kecerdasan mengelola keuangan di usia 30-an merupakan kunci meraih masa depan yang lebih baik.

Perencana Keuangan dan CEO bersertifikat Marguerita Cheng mengatakan, uang adalah alat. Ketika setiap orang bijak menggunakan uang, mereka dapat menjalani hidup seperti yang mereka inginkan. 

Untuk itu, pendiri Blue Ocean Global Wealth tersebut membeberkan tiga kesalahan dalam mengelola uang kepada  CNBC Make It.

Baca Juga: Warren Buffett ungkap nasihat yang sangat diperlukan untuk mencapai sukses

1. Tidak menetapkan tujuan keuangan

Jika kita belum menetapkan sasaran keuangan, "maka saat usia 30-an, waktu yang tepat membuat rencana keuangan jangka pendek maupun jangka panjang," kata Ryan Marshall, perencana keuangan bersertifikat di Ela Financial Group.

"Hampir setiap orang yang berusia 60 tahun yang saya temui mengungkapkan, mereka mulai memikirkan pensiun dan tujuan keuangan ketika mereka masih berusia 30-an atau malah lebih muda,” katanya.

Apakah kita ingin menabung dalam jumlah tertentu dengan pensiun, membentuk dana darurat atau membeli rumah, "sekarang saatnya untuk memulai perencanaan," kata Douglas Boneparth, presiden dan pendiri Bone Fide Wealth.

Baca Juga: Pesta nikah impian cuma modal Rp 35 juta, bisa! Begini caranya

Sementara tidak menetapkan sasaran keuangan adalah kesalahan terbesar yang dapat dilakukan orang di usia 30-an.

Sebab  menetapkan sasaran keuangan pada usia tersebut, kita memberikan arahan keuangan dan menetapkan jadwal untuk mencapai hal-hal besar dalam hidupkita , seperti kemandirian finansial, membeli rumah, memiliki anak, dan memulai bisnis.

Editor: Noverius Laoli

Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

gopay

Terbaru