Asuransi

Tiga cara mudah memilih asuransi kesehatan yang pas untuk Anda

Rabu, 11 Maret 2020 | 15:54 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Tiga cara mudah memilih asuransi kesehatan yang pas untuk Anda

ILUSTRASI. payung investasi asuransi proteksi kesehatan sehat ilustrasi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asuransi kesehatan jadi solusi saat Anda harus menjalani perawatan di rumah sakit. Namun, Anda harus bijak dalam memilih produk agar tidak menyesal di kemudian hari.

Widya Yuliarti, Perencana Keuangan Finansialku.com, menjelaskan bahwa asuransi kesehatan sangat penting dimiliki semua orang, terutama orang-orang yang menjadi tulang punggung keluarga.

Baca Juga: Mau membeli polis asuransi properti, perlu cermati 3 poin ini

Asuransi kesehatan bisa menjaga cashflow keluarga ketika ada anggota keluarga menjalani perawatan kesehatan secara intensif.

Namun, sebagian orang masih bingung mengenai waktu yang tepat serta dan jenis asuransi kesehatan apa yang harus dibeli.

Maklum saja, perusahaan asuransi menawarkan beragam jenis produk asuransi kesehatan. Bila tidak cermat, bisa-bisa Anda sengsara oleh nilai premi yang besar.

Jika Anda termasuk orang yang masih bingung memilih asuransi kesehatan, simak ulasannya berikut ini.

1. Resmi jadi karyawan atau pengusaha

Kapan saya mulai membeli asuransi kesehatan? Jawabannya adalah kapan saja.

Anda tidak dibatasi waktu untuk membeli produk asuransi kesehatan. Namun, para perencana keuangan menyarankan Anda membeli premi asuransi kesehatan sedini mungkin.

Risza Bambang, Perancang Keuangan OneShildt menyarankan kita untuk membeli premi asuransi kesehatan saat sudah bekerja. Adapun Widya Yuliarti, Perencana Keuangan Finansialku.com, menyarankan kita mulai memiliki asuransi ketika sudah mempunyai penghasilan sendiri.

Semakin muda kita membeli premi asuransi kesehatan, semakin banyak manfaat yang bisa kita peroleh. Salah satunya harga premi yang lebih terjangkau.

"Semakin tua umur Anda, nilai premi yang harus dibayarkan semakin tinggi," kata Widya. Maklum saja, semakin tua tubuh kita, semakin rentan terkena penyakit.

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru